TANAMKAN JIWA NASIONALISME BEGINI PERAYAAN HUT RI KE-75 KODIM 1701/JAYAPURA DI KORAMIL JAYAPURA UTARA - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

TANAMKAN JIWA NASIONALISME BEGINI PERAYAAN HUT RI KE-75 KODIM 1701/JAYAPURA DI KORAMIL JAYAPURA UTARA

Sabtu, Agustus 08, 2020

 

Jayapura(PAPUA).GP–  Perayaan hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia ke 75 yang dilaksanakan di sejumlah tempat jajaran Kodim 1701/Jayapura, pihak Koramil 1701-02/Jayapura Utara juga menggelar hal serupa di wilayahnya. Kegiatan yang dilakukan secara sederhana ini digelar di kediaman seorang kepala suku, Yance Lambe di RT 06 RW 9 Kelurahan Imbi Dok VIII atas,Kamis (6/8).

loading...


Komandan Kodim 1701/Jayapura Letkol Inf Edwin Apria Candra ditemui ditempat terpisah menyampaikan bahwa kegiatan perayaan HUT RI ini diselenggarakan sesuai arahan Komandan Korem 172/Praja Wira Yakthi Brigjen TNI Izak Pangemanan untuk di laksanakan di wilayah Kodim jajaran Korem 172/PWY.


"Kita laksanakan perayaan HUT RI ini di seluruh wilayah Kodim 1701/Jayapura, salah satunya di Koramil 1701-02/Jayapura Utara", terang Edwin.

Sementara Danramil 1701-02/Jayapura Utara Kapten Inf Guntur Lukas Tjoi mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan ini dikhususkan pada anak-anak sekolah dengan jumlah sekitar 50 orang. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan karena sedari pintu masuk semua wajib mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak.

“Ada sejumlah lomba ringan yang kami lakukan. Memang situasinya sedang pandemi covid 19 tapi bukan berarti perayaan HUT RI ditiadakan. Kami tetap gelar namun dengan cara yang sederhana dan mematuhi rambu protokol kesehatan,” terangnya ditemui di sela-sela kegiatan tersebut.


Pihak Koramil menyampaikan  bahwa dalam kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menanamkan jiwa nasionalisme kepada anak-anak generasi muda Papua, dan juga ada penekanan Danramil kepada anak-anak, karena dianggap masih polos dan bisa mengingatkan orang tua jika lalai menggunakan masker atau tidak mencuci tangan, terkait dengan penyebaran covid-19.

“Kita perlu untuk menanamkan jiwa nasionilme kepada generasi muda dengan ikut merayakan HUT RI ke 75 ini, serta perlu  mengedukasi terkait pandemik covid 19  mengingat Jayapura angkanya terus naik,” imbuhnya.  

Lomba diawali dengan lomba membaca teks proklamasi, makan kerupuk, gigit sendok dan perlombaan lainnya dalam rangka HUT RI yang diikuti anak-anak dengan meriah. Kepala suku Lapago di Kota Jayapura Yance Lambe menyampaikan bahwa masyarakat  pegunungan di sekitar tempat kegiatan menyambut gembira dan kegiatan ini mendapat respon positif, serta masyarakat meminta agar peringatan proklamasi kemerdekaan RI nanti tanggal 17 Agusutus 2020 agar di adakan ditempat mereka dan melibatkan juga pemuda serta orang tua.

loading...


“Selama ini belum pernah ada kegiatan seperti ini dan dari Koramil datang mengenal adik – adik disini dan memberi bantuan.  Kami berharap perayaan HUT RI nanti dilakukan di sini saja,” kata Yance Lambe.

Ini diiyakan oleh Gujen Enumbi yang menyampaikan bahwa selama ini belum pernah ada kegiatan 17 an di lokasi mereka bermukim.
“Baru kali ini dan kami lihat warga dan orang tua juga senang sehingga kami setuju bila perayaan 17 an dilakukan ditempat kami juga,” imbuhnya.


#GP | CE | Penrem172 | RED


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU





Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS