Pada Masa Pandemi, Pemko Mendukung Potensi Jahe Merah di Sawahlunto

Sawahlunto(SUMBAR).GP-Pemko Sawahlunto pada saat kondisi sekarang, "sangat mendorong dan mengapresiasi para petani Sawahlunto untuk segera memulai mengolah lahan yang ada dengan salah satunya, menanam jahe merah," urai Walikota Sawahlunto Deri Asta SH  saat menghadiri kegiatan menanam jahe merah di Desa Kolok Mudiak, Kec Barangin Kota Sawahlunto, Selasa (25/8).


Walikota juga mengarahkan kepada dinas terkait untuk ikut membantu para petani kreatif dengan membimbingnya  cara mengolah lahan,  hingga sampai pada pemasarannya maupun cara pengolahan lebih lanjut, untuk dijadikan berbagai produk.

Walikota Deri Asta memberikan perhatian khusus kepada kegiatan pertanian yang kreatif,  yang tumbuh di tengah masyarakat. Seperti yang dilakukan Walikota saat ini (25/8), mengunjungi lahan pertanian milik  salah seorang warga Kolok Mudiak, Yal Malin Pandeka yang telah menanami lahannya dengan  jahe merah. Bahkan Di lahan tersebut  Walikota Deri Asta ikut melakukan penanaman bibit jahe merah.


loading...
"Bagus sekali, kita apresiasi pada warga yang cukup kreatif dengan mengolah lahannya dengan komoditi yang masih jarang diolah petani lain, komoditi jahe merah. Potensi ekonominya menjanjikan dan kita sangat  mendukungnya melalui Dinas Pertanian dan dinas terkait lainnya. Dengan  membimbing, serta bagaimana mengolah lahan. Karena kalau lahan ini tidak diolah dengan ilmu maka sudah akan tentu, capaian hasilnya tidak akan  maksimal,"  urai Walikota Deri Asta.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Sawahlunto,  Lelis Epriyenti menyatakan bahwa Dinas Pertanian akan selalu siap untuk memberikan pendampingan kepada para petani agar  ilmu - ilmu serta tata cara mengenai teknik pengolahan lahan maupun pengolahan tanamannya membuahkan hasil.

Sementara itu,  salah seorang warga Barangin, toto mengakui sangat senang dengan adanya kunjungan Walikota Deri Asta guna meninjau langsung lahan pertanian yang ada di lokasi tersebut. Sehingga dapat menjadi motivasi,  bagi warga lainnya  untuk  memaksimalkan  perannya dalam mengolah lahan pertanian,  khususnya dalam bertani jahe merah.

#GP |Rep |Fid

Posting Komentar

0 Komentar

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS