Masyarakat Nagari Padang Laweh Kecamatan Sungai Tarab Rutin Melakukan Gotong Royong - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Masyarakat Nagari Padang Laweh Kecamatan Sungai Tarab Rutin Melakukan Gotong Royong

Senin, Juli 20, 2020

Tanah Datar(SUMBAR).GP-- Ratusan masyarakat Nagari Padang Laweh Kecamatan Sungai Tarab turun ke jalan lakukan Gotong Royong (goro) membersihkan bahu dan selokan jalan yang menghubungkan dengan Jorong Luak Gadang Nagari Gurun Kecamatan Sungai Tarab.

Tingginya animo masyarakat untuk lakukan gotong royong, Senin (20/07) membuktikan kalau sampai saat ini semangat bersama tradisi goro masih lestari dan terjaga  di Nagari Ladang Laweh.


Wakil Bupati Zuldafri Darma yang turut hadir menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada masyarakat Nagari Padang Laweh, "hal ini patut  menjadi contoh bagi daerah lain, goro suatu kegiatan dengan banyak manfaat yang harus kita galakkan kembali di tengah masyarakat."

“Dalam goro terjadi interaksi, komunikasi dan silaturahmi antar sesama, bahkan kegiatan ini juga secara langsung bisa membantu pelaksanaan pembangunan di nagari. Karenanya kami sangat mendukung kegiatan ini terlaksana di tengah masyarakat kita,” tukasnya.

Wali Nagari Padang Laweh Maimun menyampaikan, "kegiatan goro di Nagari Ladang Laweh sudah menjadi tradisi dan dilaksanakan secara rutin, di masing-masing jorong dilaksananakan satu kali lima hari dan di tingkat nagari biasanya dilaksanakan minimal satu kali dua bulan."

“Alhamdulillah, sampai saat ini  animo masyarakat tetap tinggi terbukti ada sekitar 600 warga yang hadir dalam gotong royong, itu karena kita semua menyadari, apa yang kita kerjakan bersama memang untuk kemaslahatan bersama,” ungkapnya.

Hal yang sama disampaikan Kepala Jorong Guguak Baruah Nagari Padang Laweh Zulfitri, "semangat masyarakat di Nagari Padang Laweh untuk goro sangat tinggi dan luar biasa. Yang uniknya kegiatan goro sengaja kita lakukan selain hari sabtu dan minggu."


loading...
Zulfitri menambahkan, "Masyarakat kami mempunyai kebiasaan beragam, misalnya di hari Sabtu banyak yang hobi pacu jawi, di hari minggu untuk berburu, maka kita sepakati dilaksanakan di hari senin atau hari lain,

Kita goro selepas masyarakat menyiapkan pakan ternaknya di pagi hari dan selesai sebelum sholat Zuhur, karena para warga biasanya akan lanjutkan aktivitas berladang dan bertani lagi, ujarnya.

Kegiatan turut dihadiri Camat Sungai Tarab Afrizal, Forkompinca, Wali Nagari Gurun, Wali Nagari Koto Tuo, Wali Nagari Rao-rao, Ketua BPRN, Ketua KAN Padang Laweh dan tokoh masyarakat lainnya.

GP | AEK | Red.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS