Pasar Pusat Padang Panjang Wakili Sumbar Lomba Inovasi Daerah Tingkat Nasional - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Pasar Pusat Padang Panjang Wakili Sumbar Lomba Inovasi Daerah Tingkat Nasional

Jumat, Juni 05, 2020

Padang Panjang(SUMBAR).GP- Dalam rangka persiapan rencana pelaksanaan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia menggelar Lomba Inovasi Daerah yang diikuti seluruh daerah di Indonesia.

7 kategori yang dilombakan yaitu, Pasar Tradisional, Pasar Modern (Mall, Minimarket), Restoran /(Rumah Makan), Hotel /Penginapan, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Tempat Wisata dan Transportasi Umum.

Untuk pasar tradisional, Pasar Pusat Padang Panjang dipercaya Pemerintah Provinsi Sumbar mengikuti Lomba tersebut. 

"Pasar Pusat Padang Panjang satu satunya di Sumbar yang ditunjuk mengikuti lomba ini," ungkap Kepala Dinas Perindag IKM Kota Padang Panjang, Arpan, SH, diruang kerjanya, Jumat, (05/06/2020).

Salah satu inovasi yang dikembangkan, kata Arpan, adalah pemanfaatan limbah serai wangi sebagai disinfektan pada Pasar Rakyat Kota Padang Panjang di Era Covid-19.

Pemanfaatan limbah serai wangi sebagai disinfektan merupakan inovasi dari Dinas Perindag Provinsi Sumbar yang dikembangkan Dinas Perindag IKM Kota Padang Panjang. 

"Selain itu, Dinas Perindag IKM Kota Padang Panjang juga akan mengembangkan inovasi agar penjual dan pembeli tidak bersentuhan langsung saat bertransaksi, menggunakan alat kantong yang disodorkan kepada pembeli oleh pedagang. Kemudian baik pembeli dan pedagang menggunakan sarung tangan," tambahnya.

Lomba inovasi daerah berbentuk pembuatan video simulasi riil New Normal Life pada objek/lokasi. 

Jadwal pelaksanaan lomba berlangsung dari tanggal 1 s/d 8 Juni 2020​​​​ dengan proses pembuatan dan pengiriman video ke Kemendagri. Kemudian, pada tanggal 9 s/d 12 Juni 2020​​​​ dilakukan tahap penilaian. Tanggal 15 Juni 2020​​​​ Kemendagri akan mengumumkan para pemenang.

#GP | DF | Hrs | Release Kominfo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU





Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS