Kadis Kesehatan Sijunjung drg.Ezwandra, M.Sc : Sebanyak 1.662 masyarakat ikuti test swab sebagai sampel. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

loading...


Senin, 22 Juni 2020

Kadis Kesehatan Sijunjung drg.Ezwandra, M.Sc : Sebanyak 1.662 masyarakat ikuti test swab sebagai sampel.




Sijunjung(SUMBAR).GP- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung,drg.Ezwandra, M.Sc mengatakan sebanyak 1.662 masyarakat Kabupaten Sijunjung, diambil swabnya sebagai evaluasi untuk mengetahui  apakah Daerah Sijunjung sudah atau belum  bebas dari Covid-19.

Menurut Ezwandra, test swab ini merupakan program Propinsi Sumatera Barat (Sumbar) berlaku untuk semua Kabupaten  dan Kota di Sumatera Barat yang dilaksanakan berdasarkan Surat Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Sumatera Barat nomor 443.3/126/Dinkes-P2P/VI/2020

Dari jumlah 1.662 masyarakat yang diambil swabnya saat ini merupakan  sampel dari berbagai nagari,  sifatnya  menyebar dari pelosok daerah Sijunjung,  bila tidak ada terindikasi covid-19, maka baru bisa dikatakan Sijunjung  masuk zona hijau, kata Ezwandra.

Sebaliknya, bila ditemukan satu atau dua orang  hasilnya yang  positif covid-19, nanti akan  mudah juga kita  mengatasi dan  menelusurinya sesuai dengan  klusternya.

Dikatakannya,lokasi tempat pengambilan swab tersebut di halaman depan  Dinas Kesehatan, Puskesmas Tanjung Ampalu dan Puskesmas Sungai Langsek pada hari  Senin dan Selasa, 22 dan 23 Juni 2020

Lebih lanjut , drg.Ezwandra, M.Sc kepada media ini Senin (22/6) mengatakan, pelaksanaan Test swab yang dilaksanakan di halaman Dinkes ini,  berasal dari nagari wilayah kerja Puskesmas Sijunjung 140, Puskesmas Gambok 196, Puskesmas Padang Laweh 82, Puskesmas Lubuk Tarok 130 dan Puskesmas Muaro Bodi 107 orang dengan total 655 orang.

Sedangkan untuk hari Selasa(23/6) besok dipusatkan pada Puskesmas Tanjung Ampalu dan Puskesmas Sungai Langsek, untuk yang di Puskesmas Tanjung Ampalu berasal dari nagari yang berada di wilayah kerja Puskesmas Tanjung Ampalu 175, Puskesmas Padang Sibusuk 91, Puskesmas Kumanis 87 dan dari Puskesmas Sumpur Kudus 89 dengan total 442 orang.

Sedangkan yang  di  Puskesmas Sungai Langsek berasal masyarakat nagari yang berada dari wilayah kerja Puskesmas Sungai Langsek 102, Puskesmas Tanjung Gadang 206, Puskesmas Kamang 181 dan dari Puskesmas Air Amo 76 dengan total 565 orang, jelas Ezwandra.

Salah seorang yang telah selesai test swab mengaku bernama Yeni dari Sijunjung kepada media ini menyatakan tidak merasa sakit. " Hanya geli geli sedikit," ungkapnya.

Disebutkan Ezwandra, Tim kabupaten Sijunjung menetapkan 30 kluster tempat tinggal berdasarkan data rumah dan jumlah Kepala Keluarga(KK) pernagari. Setiap kluster terdiri dari 56 rumah. Jika ada 2 (dua) nagari dalam satu kluster maka jumlah penduduk dibagi sama banyak antara dua nagari  tersebut.

Jadi kata Ezwandra, pemilihan sampel ini menggunakan teknik Multistage random sampling yang ditetapkan secara proporsional pada setiap kecamatan. Distribusi sampel ditetapkan dengan tehnik kluster.

Pelaksanaan survei ini berdasarkan pada panduan survei yang telah ditetapkan World Health Organization (WHO) dalam Immunization Coverage Cluster Survei - Reference Manual tahun 2005.

#GP | Herman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS