Bantuan APBD Provinsi, APBD Kota dan APBDes sedang disalurkan di Kota Sawahlunto.


Sawahlunto(SUMBAR).GP- Secara bertahap, warga masyarakat Kota  Sawahlunto mulai menerima bantuan. Paket bantuan yang bersumber dari APBDes (dana desa), APBD Kota Sawahlunto, hingga  Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari APBD Provinsi Sumatera Barat sedang disalurkan.

Berdasarkan data dari Dinas Sosial Kota  Sawahlunto, jumlah masyarakat yang mendapat bantuan dari Provinsi ini, sejumlah 12.694 Kepala Keluarga (KK) untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Jumlah penerima bantuan ini, dalam presentase sama dengan 64 persen dari total jumlah KK yang ada di Kota  Sawahlunto.

Walikota Sawahlunto Deri Asta SH  menyatakan, sampai saat ini bantuan yang telah dan sedang disalurkan kepada masyarakat adalah bantuan yang bersumber dari APBD Kota Sawahlunto, APBDes dan APBD Provinsi Sumbar.

"bantuan dari APBD Sawahlunto ada dua tahap. Tahap I, diperuntukkan bagi 5.000 KK, dan sudah disalurkan ke semua desa dan kelurahan. Bantuan dari APBD kota yang dua tahap itu, terdiri dari 2 jenis, pertama beras CBP 20 Kg dan kedua Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp. 300 ribu. Kalau beras 20 Kg ,sudah sampai kepada Keluarga Penerima Manfaat, yang dikirim melalui Desa dan Kelurahan dengan menggunakan jasa ojek setempat.

Sedangkan untuk BLT, dalam bentuk non - tunai (menggunakan rekening). Sekarang ini, masih dalam proses pengumpulan rekening para penerima. Dan  kalau sudah rampung, langsung ditransfer," ungkap Deri Asta, Kamis (7/5) disela penyerahan BLT APBD Provinsi Sumatera Barat oleh Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit di Desa Bukik Gadang, Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto.

Ditambahkan oleh Walikota, bantuan yang berasal dari APBDes, saat ini juga sedang dalam tahap penyaluran kepada masyarakat. Bantuan dari APBDes ini berupa BLT sebesar Rp. 600 ribu/bulan selama tiga (3) bulan ke depan.

"Bantuan BLT dari APBDes ini, jumlah masyarakat kita yang menerimanya adalah 2.289 KK. Sudah diserahkan oleh walikota sejak Rabu (6/5), secara simbolis di Desa Balai Batu Sandaran, Kecamatan Barangin," ujar Walikota Deri Asta menambahkan.

Sementara BLT dari APBD Pemprov Sumbar, seperti yang dikatakan oleh Wakil Gubernur Nasrul Abit, diberikan kepada setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Rp. 600 ribu/bulan. Penyaluran BLT Provinsi ini diantarkan langsung ke rumah warga oleh petugas Kantor Pos.

"Kuota untuk Sawahlunto, dari BLT Provinsi Sumbar ada sebanyak 665 KK," ujar Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, yang melihat langsung proses penyerahan BLT tersebut di Desa Bukik Gadang, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Kamis (7/5).

#GP | Rep | Fid

Posting Komentar

0 Komentar

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS