Penyuluh Agama Islam dan KUA Kamang Baru laksanakan aksi sosial di Transmigrasi Padang Tarok.


Sijunjung(SUMBAR).GP- Sabtu, 21 April 2020 adalah satu hari bersejarah buat warga  transmigrasi di Padang Tarok, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung.

Karena pada hari itu dilaksanakan  puncak  kepedulian dan solidaritas Penyuluh Agama Islam Non PNS dan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kamang Baru berupa penyerahan  bahan sembako dan pakaian layak pakai kepada warga transmigrasi Padang Tarok tersebut.

Koordinator Penyuluh Agama Fungsional (PAF) Kecamatan Kamang Baru,  Emriadi, S.Ag mengatakan,  bantuan sosial yang berikan kepada warga transmigrasi Padang Tarok tersebut diawali dengan gerakan pengumpulan bahan sembako, pakaian layak pakai dari donatur oleh Penyuluh Agama Islam di Kiliran Jao dan Sungai Tamang dan sekitarnya.

Komunitas Penyuluh Agama Islam dibawah bimbingan Kepala KUA Kamang Baru dan melakukan koordinasi dengan pihak terkait seperti Kapolek, Danramil, tokoh masyarakat dan Sentra Komunikasi (Senkom) mitra polisi setempat berkunjung menemui donatur dan pemilik toko daerah Kiliran Jao dan Sungai Tambangan.

Alhamdulillah berkat kerjasama yang baik dan bahu membahu satu sama lain, para donatur, pemilik toko dan warung di kawasan Kiliran Jao dan Sungai Tambangan sekitarnya menjadi paham dengan maksud tujuan penyuluh terhimpunlah sejumlah paket bantuan itu.

Setelah sampainya Tim Peduli Sosial di transmigrasi Padang Tarok, kegiatan itu diawali dengan shalat Zuhur berjamaah di masjid Al-Muhajirin dan dilanjutkan dengan  penyerahan bantuan sembako dan pakaian di gedung pertemuan yang berdampingan dengan masjid Al- Muhajirin.

Upacara penyerahan itu dibuka Aliyasman,S.Sos.I selaku Penyuluh Agama Non PNS dan memberikan waktu dan tempat kepada Koordinator PAF Emriadi, S.Ag untuk menyampaikan laporan pelaksanaan bakti sosial ini

Berbagai hal disampaikan Emriadi, mulai dari terkumpulnya paket yang diantar kesini berawal dari pembentukan tim, melakukan kerjasama dan melakukan gerakan pengumpulan bantuan di daerah Kiliran Jao dan Sungai Tambangan sekitarnya.

Disampaikan juga oleh Emriadi, ketidakhadiran kepala KUA Mulyanto,S.Ag dan Dt.Mukhlis,SHi Anggota DPRD secara pribadi saat ini disini,  disebabkan beliau pergi melayat, ke rumah duka atas meninggalnya Sekretaris Kecamatan Kaharuddin,S.Pd di hari yang sama.

Menurut Emriadi,  kegiatan ini merupakan kegiatan dakwah  sekaligus kegiatan peduli  sosial  perdana dilakukan kawan-kawan penyuluh serta mendapat dukungan yang banyak dari para donatur dan dermawan.

Dalam kesempatan tersebut Emriadi,S.Ag mengajak dan menghimbau warga untuk selalu mensyukuri atas nikmat yang telah diberikan Allah, sehingga nikmat tersebut akan selalu ditambah oleh Allah. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut anggota DPRD Kabupaten Sijunjung Sabirin, Kasi pembinaan transmigrasi Sudarman,S.H, seluruh penyuluh agama non PNS, Kapolsek Kamang Baru DANRAMIL, Mitra kerja polisi  Sentra Komunikasi (Senkom) Kepala UPT dan seluruh warga transmigrasi.

Dalam pembinaannya anggota DPRD Sabirin memberikan motivasi kepada warga agar tetap bertahan dan selalu bekerja keras disini, lantas berdoa dalam menghadapi gelombang kehidupan.

" Yakinlah suatu saat bapak dan ibu akan jauh lebih berhasil dan bahkan bisa mengalahkan masyarakat asli Padang Tarok , asal  mau bekerja keras,"  ungkap Sabirin menyemangati.

Bantuan yang didistribusikan adalah 
Sembako sebanyak 150 paket terdiri dari beras,gula pasir, minyak goreng,teh, dan lain lain serta pakaian layak pakai, berasal dari anggota DPRD Dt. Mukhlis,S.Hi, Sabirin, dan jamaah Gerakan Subuh Berjemaah (GSB) Kamang Baru.

Berikutnya pakaian baru, pakaian  layak pakai 150 stel, ditambah beras, minyak goreng, mie, teh, dan lain lain berasal dari mitra polisi Sentra Komunikadi (Senkom) dan ditambah dengan beras, gula dari anggota Polsek Kamang Baru

Beberapa masyarakat transmigrasi setempat, berharap kegiatan mulia seperti ini dapat berlanjut, dalam  meringankan beban hidup warga transmigrasi yang ada di Padang Tarok.

#GP | Emriadi

Posting Komentar

0 Komentar

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS