Penjualan Kloset Produk BumNag Guguak menembus Pasar Luar Daerah - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Penjualan Kloset Produk BumNag Guguak menembus Pasar Luar Daerah

Senin, Maret 30, 2020

Sijunjung(SUMBAR).GP- Kloset buatan anak Nagari Guguk, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijjunjung yang mulai diproduksi tahun  2018 itu, dewasa ini menembus pasar luar daerah. 

Pembuatan kloset hasil Nagari Guguak yang merupakan produksi Badan Usaha Milik Nagari (BumNag) Aliran Sinamar dengan merek Hakagu itu, sejak mulai produksi hingga kini sudah menghasilkan kloset sebanyak 2000 unit. Pemasaran kloset dapat memenuhi permintaan pasar dalam daerah Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung, dan beberapa daerah lainnya di Sumbar, bahkan ada pesanan dari provinsi tetangga. 

Karyawan BumNag Guguak yang dipekerjakan untuk pembuatan kloset itu terdiri  4 orang itu, bisa menghasilkan 11 kloset perhari. Karyawan pembuatan kloset itu, seperti Hendra, Rodi,  Dimas, dan Bujang. 

Wartawan media ini yang melihat langsung ke lokasi tentang pembuatan kloset itu, nampak pekerja begitu penuh kehati-hatian, dengan tujuan dapat menghasilkan kloset yang baik, sesuai dengan SNI,  sebab hasil kloset buatan anak nagari itu bukan dijual dalam Kabupaten  Sijunjung saja, namun keluar daerah. 

Wali Nagari Guguak Zainal, S. PdI yang ditemui wartawan di lokasi pembuatan kloset itu, Sabtu mengungkapkan bahwa pembuatan kloset di bawah naungan BumNag itu,merupakan hasil dari studi tiru ke Lampung tahun 2018. Akhirnya hasil studi tiru itu diterapkan  di Nagari Guguak, hingga kini terus memproduksi kloset dengan memberi merek "Hakagu" (hasil karya anak Nagari Guguak)  ,kata wali yang kreatif, inovatif, dan merakyat itu. 

Menurut Zainal, beberapa nagari dalam Kabupaten Sijunjung sudah mencoba membeli kloset Hakagu, begitu pula kabupaten / kota di Sumbar, bahkan pesanan ke provinsi tetangga sudah dijama kloset buatan Nagari Guguak, jelas bapak tiga putra putri itu dengan nada merendah. 

Nampaknya wali dua periode itu, tidak menutup kemungkinan bagi yang berminat mengembangkan usaha kloset, silahkan belajar ke Guguak, atau studi tiru, nanti yang ingin belajar akan difasilitasi, dan sekaligus Guguak siap menjual alat cetakan kloset itu. "Ilmu yang diperoleh harus disebarluaskan ke saudara-saudara kita, sehingga akan menjadi ibadah, semoga Allah akan mengganti dengan pahala," tuturnya mengakhiri perbincangan dengan wertawan media ini. 

#GP| YC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS