JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN 'CEGAH PENYEBARAN COVID-19'
https://www.goparlement.com/p/goparlement.html
INTERNASIONAL Klik!
https://www.goparlement.com/p/blog-page.html
INDONESIA Klik!
https://www.goparlement.com/p/coronavirus-adalah-kumpulan-virus-yang_30.html
SUMATERA BARAT Klik!
https://www.goparlement.com/p/informasi-covid-19-di-padang_14.html
PADANG Klik!

Kelompok Pemuda Mudiak Air Kota Sawahlunto, sukses berternak Ikan Nila


Sawahlunto(SUMBAR).GP- Kelompok budi daya ikan Sisiak Wangi merupakan kelompok pemuda Mudik Air, Kelurahan Kubang Sirakuk Utara, Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto yang secara diam diam, telah sukses melakukan budidaya ikan Nila. 

"Padahal, usaha budidaya ikan nila ini kami dapat dari YouTube kemudian secara bersama, kami coba mewujudkannya," ujar  Ketua Kelompok Peternak Ikan Sisiak Wangi, Dwi Fandi pada  Selasa (24/3).

Usaha budidaya ikan nila oleh para pemuda Mudiak Air ini,  telah dimulai mereka lakukan sejak Maret 2019 lalu. Sehingga  saat ini, kelompok peternak ikan Sisiak Wangi yang beranggotakan sepuluh (10) orang pemuda  ini, sudah dua (2) kali melakukan panen bersama.

Walikota Sawahlunto, Deri Asta SH setelah melihat langsung usaha budidaya ikan nila oleh kelompok pemuda ini, sangat   meyakini kelompok ini akan dapat menjadi pilot projek yang  berhasil karena digerakkan oleh para generasi muda yang mempunyai motivasi tinggi.

Selanjutnya, walikota mengungkapkan bahwa beternak ikan dengan sistem yang jelas, tentunya akan memberi hasil yang bagus dari segi kwalitas ikan. Dan hal ini, tentunya secara otomatis akan memberi nilai tambah pada harga. Begitupun  secara ekonomis, usaha seperti yang dilakukan ini  akan memberi keuntungan secara cepat. "Tugas kita selanjutnya, mengawal dan mengawasi kelompok ini agar tetap berjalan secara baik,"urai Deri menambahkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian  dan Perikanan Kota Sawahlunto, Lelis Eplienti menyatakan, kelompok ini sejak awal berdiri, sudah didampingi oleh  penyuluh pertanian lapangan. Dimulai dari pembentukan  kelompok, cara dan tekhnis pemeliharaan ikan hingga panen. 

"Kedepan, kita akan tetap memperhatikan kelompok ini secara rutin, sehingga mereka tetap dapat bekerjasama.  Secara berkelompok,  kita akan lebih mudah memberi pembinaan kepada mereka, termasuk terhadap berbagai  persoalan yang mereka hadapi," pungkas Lelis mengakhiri.

#GP | Rils | Fid

Posting Komentar

0 Komentar

PT.Andalas Nusantara Parlemen Mengucapkan, Selamat datang di Website www.goparlement.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga Anda puas, Tertanda; Rifnaldi (CE) Pimred