JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN 'CEGAH PENYEBARAN COVID-19'
https://www.goparlement.com/p/goparlement.html
INTERNASIONAL Klik!
https://www.goparlement.com/p/blog-page.html
INDONESIA Klik!
https://www.goparlement.com/p/coronavirus-adalah-kumpulan-virus-yang_30.html
SUMATERA BARAT Klik!
https://www.goparlement.com/p/informasi-covid-19-di-padang_14.html
PADANG Klik!

Upaya memacu prestasi pendidikan SMP di Sijunjung.


Sijunjung(SUMBAR).GP- Dari ratusan pejabat struktural esselon III dan IV Pemerintahan Daerah Sijunjung yang dilantik Bupati Yuswir Arifin,Senin (6/1)  tertera satu nama Usman Gumanti esselon III dengan jabatan Kepala Bidang(Kabid) SMP pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sijunjung.


Lama sekali Usman menunggu, baru dapat duduk di jabatan tersebut, walaupun dalam kesehariannya, waktu ia bertugas sebagai Kasi baik di Bidang Dikdas dulu, maupun di Bidang SMP sekarang tak terbayangkan akan sampai di posisi tersebut.

Waktu ditemui goparlement.com di ruang kerjanya, Selasa kemarin Usman berpembawaan tenang, suka senyum dan ramah  itu menyatakan rasa syukurnya kepada Allah,Swt.
"Walau jabatan Kabid ini amanah dan kepercayaan dari atasan yang penetapannya oleh Bupati Sijunjung, pada hakikatnya keputusan itu bersumber dari keputusan Allah,Swt ", katanya saat bincang bincang tentang upaya peningkatan prestasi SMP daerah ini.

Menurut Usman putera asli Padang Sibusuk itu, di Kabupaten Sijunjung ini terdapat 48 Unit SMP Negeri yang tersebar di delapan kecamatan dan 6 unit  SMP swasta.

Khusus 6 SMP swasta itu adalah SMP IUT di Padang Sibusuk, SMP Kautsar Ilmi di Muaro, SMP Assalam di Timbulun, SMP Pembina di Aie Amo, SMP Arrahman di Palangki, SMP IT Global Technology di Sungai Tambang Kunangan Parit Rantang.

Kedepannya untuk meningkatkan prestasi pendidikan di berbagai sekolah,  Usman mengajak semua Kepala SMP di Sijunjung  untuk bisa membuat "program unggul" di sekolah masing masing.

"Boleh dipilih apakah unggulnya pada salah satu mata pelajaran, unggul dalam cabang tertentu olahraga, unggul pada salah satu bidang kesenian ataupun unggul di bidang agama, seperti tahfiz, pidato dan Azan, tergantung potensi sekolahnya", ujar Usman.

Kemudian untuk tahun 2020 ini ada beberapa sekolah, misalnya 7 atau 8 SMPN yang mau tampil sebagai tuan rumah dalam penyelenggara lomba yang di unggulkannya itu, kata Usman.

Pada tahun 2021 berikutnya, kata Usman bertambah yang jadi Sekolah penyelenggara lomba dan pertandingan tersebut atau berganti jadi tuan rumah dengan masuk 2 unit dan keluar 2 unit, sehingga terjadi pemerataan penanggung jawab kegiatan.

Usman optimis, jika program yang seperti itu dilaksanakan dengan baik, bisa memotivasi semua pihak, baik  Guru, murid dan orangtua untuk berkompetisi dalam  memajukan pendidikan.

Dengan adanya lomba dan even pertandingan yang  diikuti semua SMP  di Sijunjung maka hasil kejuaraan tersebut, dapat di kategorikan sebagai kejuaraan Kabupaten Sijunjung.

"Secara mendadak kemudian hari,  ada permintaan utusan untuk mewakili Sijunjung  dalam  pertandingan atau lomba cabang tertentu dari pihak  lain atau propinsi,  kita tinggal ambil saja", jelas Usman.

#GP | Herman


Posting Komentar

0 Komentar

PT.Andalas Nusantara Parlemen Mengucapkan, Selamat datang di Website www.goparlement.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga Anda puas, Tertanda; Rifnaldi (CE) Pimred