Realisasi pengumpulan zakat di BAZNAS Sijunjung 2019 lebihi target. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Realisasi pengumpulan zakat di BAZNAS Sijunjung 2019 lebihi target.

Selasa, Januari 28, 2020

Sijunjung(SUMBAR).GP- Pengumpulan zakat infaq sedekah oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sijunjung tahun 2019 melampaui  target. Target yang ditetapkan  hanya Rp.3 miliar, sedangkan realisasi 3.264.730.069 melebihi target sejumlah Rp.264.730.069.

Hal itu diungkapkan Ketua Baznas Kabupaten Sijunjung, H.Yusri.I, S.Pdi didampingi kedua wakilnya Gusman dan Samartizen, Dt.Intan Batuah kepada media www.goparlement.com  di kantor BAZNAS setempat,Senin.

Dikatakan Intan Batuah, terjadinya kelebihan realisasi pengumpulan zakat di daerah langsek manih ini, karena  ada peningkatan jumlah setoran zakat dari  UPZ di bawahnya.

Pengumpulan zakat  yang meningkat itu,  terdapat pada  UPZ  Unit Koordinator Wilayah ( Korwil ) pendidikan Kecamatan IV Nagari, Kupitan, dan Koto VII . Sebab di kecamatan itu,  rata rata PNS dan Gurunya telah menyetorkan zakatnya 2.5% sesuai ketentuan.

"Selain itu juga adanya penyetoran zakat dari perorangan, " ujar Gusman tanpa menyebutkan nama.

Menurut Intan Batuah yang diaminkan Gusman, saat ini BAZNAS Sijunjung juga menerima setoran dari Upz kantor wali nagari.

UPZ kantor wali nagari yang aktif menyetorkan ZIS dari aparatur nagarinya itu adalah  Nagari Sijunjung, Pematang Panjang, dan Kandang Baru Kecamatan Sijunjung. Nagari Muaro Bodi, Koto Tuo dalam  Kecamatan IV Nagari.

Berikutnya Nagari Guguk dan Palaluar di Kecamatan Koto VII. Pamuatan dan Desa Kampung Baru Kecamatan Kupitan, dan Nagari Tanjung Gadang , Pulasan Kecamatan Tanjung Gadang.

"Walaupun realisasi melebihi target, jika dibanding dengan potensi Zakat  ASN/Guru Kabupaten Sijunjung, masih dibawah.Potensi zakat PNS dan Guru Sijunjung  diperkirakan capai  5 miliyar, " terang Intan Batuah.

Dikatakan Intan Batuah pensiunan Kemenag Sijunjung itu, masih ada Aparatur Sipil Negara (ASN) daerah ini  yang belum ikut menyalurkan zakatnya via BAZNAS Sijunjung.

Diungkapkan Gusman semakin tinggi penerimaan BAZNAS Sijunjung semakin sukses pula lima  program unggulan BAZNAS  Sijunjung.Program unggulan itu Sijunjung makmur, Sijunjung cerdas, Sijunjung sehat, Sijunjung taqwa dan Sijunjung peduli.

Seperti jelas Gusman, pendayagunaan dana baznas 2019 rencana untuk 7.771 mustahiq dengan total dananya Rp2.776.667.416 realisasinya menjadi 10.068 mustahiq dengan kucuran dananya Rp3.302.815.450 atau meningkat Rp526.148.034 dengan porsentase 28,94.

Kita telah realisasikan  bantuan untuk  Peningkatan Ekonomi Mustahiq(PEM) melalui program Jorong binaan Kabupaten Sijunjung 2019 kata Gusman,  seperti bantuan ternak 36 ekor kambing kepada 18 Kepala Keluarga (KK) di Jorong Kayu Gadih Negari Tanjung Gadang.

Berikutnya di Jorong Sungai Kandi Pulasan 10 KK ( 20 ekor kambing), Jorong Bungo Nagari Palaluar 10 KK ( 20 ekor kambing), Jorong Tanggalo Nagari  Durian Gadang 53 KK ( 2000 bibit pinang), Jorong Pamuatan Timur Nagari Pamuatan 76 KK ( 2000 bibit pinang), dan Desa Kampung Baru Kupitan 10 KK ( 20 ekor kambing).

Selain peningkatan ekonomi mustahiq itu, jelas Gusman  terlaksananya kegiatan khitan gratis untuk mustahiq melalui Puskesmas se Kabupaten Sijunjung  sebanyak 326 orang, dan kegiatan peduli terhadap korban bencana alam longsor, korban kebakaran dan korban lainnya.

#GP | Herman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS