Mengintip Rumah Muallaf Kamang Baru



Sijunjung(SUMBAR)GP- Saat ini jumlah Muallaf di Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung tercatat 58 orang dengan jumlah 27 laki laki dan 31 perempuan, masuk Maslia dan Prianus yang mengikrarkan diri  menganut Islam,  bulan lalu.

Para muallaf itu perlu mendapat pembinaan semua sektor kehidupannya dan membutuhkan  pendampingan dalam hal psikologi dan sosiologis, jelas Ketua rumah muallaf Kamang Baru, Emriadi,S.Ag kepada goparlement.com, Kamis

Pembinaan langsung terhadap muallaf yang telah memiliki sertifikat yang sah menurut undang undang meliputi pembinaan keyakinan atau aqidah, ibadah dan pengetahuan agama Islam, kata Emriadi.

Justeru itu kata Emriadi, dibutuhkan rumah muallaf yang berfungsi sebagai wadah yang bergerak dibidang sosial keagamaan, pembinaan muallaf agar terwujudnya muallaf yang mapan dalam aqidah dan ibadahnya.

Rumah muallaf ini juga berfungsi mempasilitasi peningkatan ekonomi keluarga muallaf bekerjasama dengan pihak ketiga, seperti para darmawan, donatur dan BAZNAS Kabupaten Sijunjung.

Berikutnya memberikan layanan konsultasi terhadap problema dan kesulitan yang dihadapi muallaf, lanjut Emriadi yang juga Penyuluh Agama Funsional (PAF)  Kamang Baru itu.

Adapun bentuk kegiatan rumah muallaf, jelas Emriadi pertama pembinaan kepada muallaf berkaitan dengan keimanan, pengetahuan agama 2 kali sebulan pada tempat yang tentukan, mempasilitasi layanan administrasi dengan BAZNAS Sijunjung dalam upaya peningkatan ekonomi keluarga muallaf.

Memberikan layanan dan mempasilitasi pihak ketiga untuk bisa menyalurkan darma, wakat dan zakatnya dan dengan BAZNAS Sijunjung untuk meningkatkan ekonomi keluarga muallaf.

Emriadi menghimbau para darmawan, maupun donatur lainnya untuk dapat membantu kegiatan pembinaan muallaf, bagi bersedia membantu dapat menyalurkan donasinya ke BRI Unit Kamang Baru ke rekening No. 8049-01-004135-53-0

Dijelaskannya rumah muallaf yang didirikan 01 Januari 2016 punya Visi "Membina muallaf yang mapan dan kokoh dalam aqidah" dengan dibarengi  empat misi itu dapat dukungan dari umat di daerah ini.

Diharapkan kedepannya, berjubel umat Islam terbilang mampu memberikan partisipasinya ke rumah muallaf yang punya misi empat poin pertama melakukan bimbingan berkesinambungan dengan hikmah, kedua menumbuh kembangkan kesadaran umat dalam membina muallaf.

 Ketiga  misi rumah muallaf ini menumbuh kembangkan kesadaran umat tentang amal dan dakwah berkaitan dengan pembinaan muallaf dan keempat membina potensi muallaf yang mapan dan menyebarkan dakwah pada diri sendiri, keluarga dan komunitasnya.

#GP | Herman

Post a Comment

0 Comments

PT.Andalas Nusantara Parlemen Mengucapkan, Selamat datang di Website www.goparlement.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga Anda puas, Tertanda; Rifnaldi (CE) Pimred