Melirik GSB Kecamatan Kamang Baru

Oleh: Herman

Sijunjung(SUMBAR).GP- Hari Ahad, 5 Januari 2020 genap usia tiga tahun,  peguyuban Gerakan Subub Berjemaah (GSB) Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung, Propinsi Sumatera Barat.

Waktu subuh dihari Ahad tersebut,  sekitar 300 jemaah datang dari berbagai sudut nagari di kecamatan paling selatan kabupaten Sijunjung yang dijuluki kabupaten "Langsek manih " memenuhi ruang Masjid Raya Kamang Baru, untuk mengikuti salat subuh berjemaah sekaligus memeriahkan dan  memperingati miladnya GSB.

Diawali dengan sholat subuh berjamaah,diimami oleh Buya Mahyeldi Ansharullah SP, yang juga bertindak sebagai penceramah usai salat subuh, kelihatan  jamaah terkesima mendengarkan tausiah Mahyeldi.

GSB edisi ke 153 yang dikemas bersamaan dengan peringatan Miladnya ketiga diikuti sekitar 300 orang terdiri para mubalihg, pengurus dan jamaah masjid dari berbagai pelosok nagari daerah setempat, tampak dihadiri Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung Syofian Hendri, S.Pdi , serta dua anggota Dewan  Mukhlis SHI dan Ustadz Hendri Susanto LC.

Kelihatan juga hadir Kepala kantor urusan agama (KUA) Kecamatan Kamang Baru, Mulyanto SAg dan unsur Forkopincam Kamang Baru, Ninik mamak dan tokoh masyarakat serta Drs.Heranto selaku tokoh pendiri GSB tersebut.

Dalam ceramahnya Buya H.Mahyeldi Ansyarullah Walikota Padang yang juga Ketua Bela Negara Propinsi Sumatera Barat (Sumbar) itu menekankan betapa pentingnya 1.Ketaqwaan dan keimanan dalam kehidupan dewasa ini. 2. Persatuan dan kesatuan. 3.  mempersiapkan generasi muda sebagai pemimpin, karena generasi muda adalah pemimpin masa depan.

Penyuluh Agama Fungsional (PAF) Kecamatan Kamang Baru,Emriadi, S.Ag selaku pembina GSB kepada penulis menjelaskan, awal berdirinya GSB ini seiring dengan loncingnya GSB di Jakarta 5 Desember 2016

Maka  Kecamatan Kamang Baru, mulai kegiatan GSB pertama  pada tanggal yang sama dengan Jakarta dari inisiatif para mubaligh dan pengurus masjid Kamang Baru dipusatkan di masjid Al Ikhlas Simpang Batu Bara Sungai Tambangan.

Ketika itu, hampir seluruh Kabupaten ,  Kota dan Kecamatan  di Indonesia melaksanakan Gerakan Subuh Berjemaah (GSB) di masjid dan mushala seiring adanya  gejolak suhu politik penodaan agama di Daerah Khusus Ibukota  Jakarta, ungkap Emriadi.

Alhamdulillah, kata Emriadi berkat kerjasama yang baik dimulai dari aparatur kantor KUA kecamatan dengan pengurus masjid dan mushala serta tokoh masyarakat , Ninik Mamak dari berbagai nagari GSB semakin ramai dan semakin dirasakan berkahnya oleh umat.

Sehingga pada Milad pertama dilaksanakan Ahad 1 Januari 2018 di masjid raya Kamang Baru dan Milad kedua di masjid Baiturahman Sungai Langsek pada Ahad 4 Januari 2019 dalam evaluasi GSB berlangsung baik, semaraknya syiar agama dan jemaah merasakan  semakin berkah dalam menjalani kehidupan.

Rumusan tujuan GSB Kecamatan Kamang Baru adalah ; 1.mengajak umat membiasakan shalat subuh berjemaah di masjid, untuk mengharapkan fadilah dan keutamaan shalat subuh, 2. Untuk memakmurkan masjid dan mushalla, 3. menanamkan nilai nilai iman dan taqwa kepada masyarakat sekitar masjid dan mushalla.

Adapun bentuk kegiatan GSB yang diadakan setiap Ahad itu adalah; 1. melaksanakan shalat subuh berjemaah pada masjid dan mushalla sesuai jadwal yang ditetapkan, 2. Jika dalam Ramadhan,  GSB diawali dengan makan sahur bersama di nagari pusat kegiatan, 3.melaksanakan kegiatan sosial dari dan untuk anggota jemaah GSB baik dalam keadaan duka maupun suka, 4.melaksanakan tausiah setiap selesai subuh oleh personil atau mubaligh yang ditetapkan, 5. mengumpulkan infaq, wakaf dan sedekah dari jemaah untuk bingkisan buat masjid dan mushalla pelaksana, kegiatan sosial dan operasional GSB. 

Terlaksananya kegiatan GSB dengan baik, aman dan tertib berkat kerjasama struktur organisasi GSB dengan semua pihak baik pengurus masjid dan mushalla maupun tokoh masyarakat lainnya.

Struktur organisasi GSB masa bakti 2018 sampai 2020 terdiri dari Penasehat Camat Kamang Baru  dan Kepala KUA Kamang Baru, Pembina adalah Penyuluh Agama Fungsional (PAF) Kecamatan Kamang Baru Emriadi, S.Ag sedangkan ketua, sekretaris dan bendahara yaitu Mudarlis, S.Pd, Muslim, S.Pd.i, MA dan Daswarman, S.Pd.i. Kepengurus GSB ini dilengkapi dengan beberapa seksi.

#GP | RED

Post a Comment

0 Comments

PT.Andalas Nusantara Parlemen Mengucapkan, Selamat datang di Website www.goparlement.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga Anda puas, Tertanda; Rifnaldi (CE) Pimred