Gula Aren Lumindai, Merambah Pasar Sumbar. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Gula Aren Lumindai, Merambah Pasar Sumbar.

Minggu, Januari 19, 2020

Sawahlunto(SUMBAR).GP- Dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan, sesuai dengan visi Kota Sawahlunto maka berbagai potensi yang ada di berbagai desa harus kita beri ruang, agar sejalan dengan program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan dan sekaligus ekonomi rumah tangga.

Berbagai produk unggulan, dapat kita jumpai diberbagai desa-kelurahan yang ada di Kota Sawahlunto. Mulai dari produk pertanian, peternakan hingga ke produk industri rumah tangga, seperti songket, produk Serai Wangi dan produk home industri lainnya.

Pada hasil produk pertanian, salah satu produk yang sedang "naik daun" adalah produksi gula aren atau gula enau dari Desa Lumindai. Namun saat ini, "produksinya masih dengan sistem tradisional sehingga belum mampu memenuhi permintaan pasar yang relatif tinggi, saat ini." Ujar Boroy, salah seorang pemuda pelopor dan penggiat ekonomi kerakyatan di Desa Lumindai, Kec Barangin Kota Sawahlunto.

Sementara Kepala Desa Lumindai, Chairunnas S.Ag mengungkapkan untuk kedepannya kita fokuskan kepada sistem pengolahan dan termasuk pakeging agar produk gula aren ini dapat masuk ke supermarket dan hotel. Langkah langkah ini, sedang kita lakukan agar dengan menggunakan tekhnologi, produksi bisa kita tingkatkan dan sekaligus dapat memenuhi permintaan pasar yang cukup tinggi, saat ini.

Nantinya, dengan adanya mesin pengolah, kita dapat membuat berbagai varian, seperti membuat gula semut dengan tetap memperhatikan hasil produk gula aren dan tetap menjaga kualitasnya.

"Kedepannya, kita kembangkan juga Kopi Niro dan gula aren dalam bentuk permen gula aren serta berbagai jenis makanan dan minuman yang bersumber dari aren," ungkap Chairunnas mengakhiri.

#GP | Rep | FD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS