321 Siswa Tamtama 2019 Gelombang II Mulai Masuk Pendidikan di Secata B Padang Panjang


Padang Panjang(SUMBAR).GP- 321 Siwa Tamtama gelombang II memulai pendidikan di Sekolah Calon Tamtama (Secata) B Rindam 1 Bukit Barisan Kota Padang Panjang, Senin (2/11)).

Acara itu diawali dengan upacara pendidikan dipimpin langsung oleh Wadan Rindam I/BB Kolonel Inf Waston Purba.

Kolonel Waston Purba selaku inspektur upacara (irup), membacakan sambutan tertulis Panglima Kodam 1/BB Mayjen TNI MS Fadhilah.

"Sebagai prajurit TNI yang baru memasuki tahap pendidikan, para siswa akan digembleng dengan berbagai ketrampilan sesuai dengan tugas prajurit menjaga keamanan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," sebut Kolonel Waston Purba membacakan pidato Panglima Kodam 1/BB.

Lanjut Kolonel Waston Purba, untuk TA 2019 ini, Secata B Rindam I Bukit Barisan Padang Panjang kedatangan 321 siswa Tamtama yang terdiri dari 2 provinsi yaitu Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau (Kepri), guna menjalani latihan pendidikan keprajuritan selama 20 Minggu/5 bulan ke depan.

Waston Purba berpesan, agar siswa Tamtama segera mempersiapkan diri, untuk mengikuiti pendidikan yang akan dijalaninya dengan serius dan lebih baik dari Catam sebelumnya.

Sesuai tingkatannya pendidikan, ada prajurit Tamtama, Bintara dan Perwira. Tugas-tugas mereka sebagai pelaksana operasional terdepan di TNI Angkatan Darat.

"Selama mengikuti pendidikan, mereka akan di didik tentang kedisplinan, latihan jasmani, penguasaaan lapangan, menggunakan senjata dan pendidikan dasar keprajuritan lainnya. Apalagi, mereka memasuki masa transisi dari sipil ke prajurit, tentu akan banyak perubahan-perubahan yang akan dilakukan,” sebut Waston Purba.

Pada kesempatan itu, Kolonel Waston Purba berpesan, “Kesempatan ini hanya mampu diraih oleh pemuda yang tangguh dan bermental baja, namun selalu dekatkan diri kepada Allah. Karena keberhasilan yang telah di raih calon siswa ini, nantinya merupakan kesuksesan dan awal dari perjalanan panjang yang akan di tempuh. Jadi manfaatkan kesempatan ini  untuk belajar menimba ilmu  kemiliteran dan berlatih bersungguh-sungguh,” kata Kolonel Waston Purba.

Dikatakannya, dari 321 siswa Tamtama Tahap II Tahun 2019 ini akan memulai masa pendidikan dasar keprajuritan, dibawah pengawasan instruktur dari Secata B Rindam 1/BB Kota Padang Panjang.

“Disinilah lokasi pendidikan prajurit dibawah Kodam 1/BB, Secata B Rindam I Bukit Barisan Padang Panjang, tempatnya lokasi pendidikan dasar bagi calon prajurit TNI AD, dan seluruh siswa akan digembleng tentang tugas dan kewajiban prajurit TNI AD dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI, sehinggah menjadi prajurit TNI AD yang memiliki sikap dan perilaku, serta memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik,” tekuk Kolonel Waston Purba.

Untuk itu, kata Waston Purba, “Kita meminta para siswa yang akan mengikuti pendidikan ini harus bersikap baik dan disiplin, karena hal ini berguna untuk pedoman pendidikan yang akan datang, agar menjadi lebih baik lagi,” tutup Wadan Rindam I/BB Kolonel Inf Waston Purba dengan  memasangkan tanda peserta pendidikan kepada perwakilan
 .
Setelah membacakan pidato tertulis  Wadan Rindam I/BB Kolonel Inf Waston Purba foto bersama dengan siswa dan seluruh undangan yang hadir.

Turut hadir pada kesempatan Dandim O307/Tanah Datar Letkol inf Edi Sugianto Harahap SIP.M.I.POL. Kapolresta Padang Panjang AKBP Sugeng Hariyadi, SIK, MH, Danyon B Pelopor Brimob Padang Panjang diwakili Pasi OPS IPTU Jhon Hendri Budiman, Walikota Padang Panjang Fadly Amran Dt. Panduko Malano Ketua DPRD Padang Panjang Mardiansyah, A.Md dan  tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan itu Komandan Secata B Rindam I Bukit Barisan Letkol Endik Hendrasan Sandi, S.Sos, MI.Pol pada goparlement.com menambahkan.

"Secata B Rindam I Bukit Barisan ini, selain menjadi lokasi pendidikan bagi prajurit TNI AD, Secata B Rindam I Bukit Barisan juga dipercaya oleh sejumlah perguruan tinggi dan BUMN di Sumatera Barat sebagai lokasi pendidikan bela negara bagi mahasiswa maupun karyawan BUMN," tutup Endik


#GP | CE | RED


Post a Comment

0 Comments

PT.Andalas Nusantara Parlemen Mengucapkan, Selamat datang di Website www.goparlement.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga Anda puas, Tertanda; Rifnaldi (CE) Pimred