SD Negeri 11 CGB, Sekali Merangkuh Dayung Dua Tiga Pulau Terlampaui

Bukittinggi(SUMBAR).GP- Di akhir-akhir tahun seluruh instansi mulai dari instansi tertinggi hingga instansi bawah setingkat sekolah memang sangat sibuk dengan kegiatan. Baik itu kegiatan di sekolah (formal) maupun kegiatan non formal. Berbagai kegiatan tersebut harus diselesaikan dengan harapan terlaksananya program yang sudah direncanakan. Begitu juga dengan SD Negeri 11 Cimpago Guguak Bulek (CGB), Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, turut sibuk dengan kegiatan di sekolah.

Kegiatan di SD itu adalah pertemuan rutin dengan wali murid atau yang biasa disebut dengan rapat komite. Selasa 8 Oktober 2019 kemarin, SD Negeri 11 CGB telah mengadakan pertemuan dengan seluruh wali murid mulai kelas 1 hingga wali murid  kelas 6. Pertemuan tersebut sedikitnya dihadiri 140 orang wali murid.

"Dalam pertemuan itu diantaranya adalah menyampaikan program-program sekolah yang sudah terlaksana dan kemajuan sekolah yang sudah dicapai selama 3 tahun di bawah kepemimpinan saya sebagai kepala sekolah," ujar Kepala Sekolah SD Negeri 11 CGB, Januardi, S.Pd kepada goparlement.com di Bukittinggi, Jumat (11/10).  

Kemudian, lanjut Kepsek, juga disampaikan rencana program sekolah tahun berikutnya. "Alhamdulillah, pertemuan itu disambut antusias oleh seluruh wali murid sehingga wali murid juga berkesempatan membentuk paguyuban kelas mulai dari kelas 1 hingga kelas 6," sebutnya.

Menurut Januardi, untuk mengumpulkan wali murid satu per satu atau dalam waktu berbeda mungkin agak sulit, mengingat banyak orang tua murid yang bekerja dan juga ekonomi warga Guguk Bulek masih banyak bekerja sebagai pedagang keliling, petani dan buruh. 

"Mengingat situasi dan kondisi orang tua murid itulah, maka pada kesempatan itu saya adakan banyak kegiatan. Ibarat pepatah, sekali merangkuh dayung dua tiga pulau terlampaui," katanya.

Lebih lanjut Kepsek terbilang kreatif ini menyebutkan, selain kegiatan tersebut di atas kegiatan lain yang terlaksana adalah pembentukan paguyuban kelas, sosialisasi tentang kamtibmas seperti masalah narkoba, kenakalan remaja dan KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga). 

"Terkait tentang kamtibmas, disampaikan langsung Kapolsekta Bukittinggi diwakili Kanit II Binmas Bapak Ipda Hero.S dan  Babinkamtibmas CGB Bapak Bripka Okriadi, SH. MH. Tentang keamanan, disampaikan Babinsa Kelurahan Guguk Bulek yaitu Bapak Sertu Mus Mulyadi. Sosialisasi masalah penyakit Filariasis (Kaki Gajah), disampaikan Bapak Ayani Agoes dari Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi. Sedangkan sosialisasi masalah kesehatan dan gizi seimbang disampaikan oleh Dr. Fera dari Kota Padang," terang Januardi sambil menambahkan kegiatan tersebut terlaksana sehari penuh  dan diikuti semua wali murid sejak awal hingga akhir. 

Dikesempatan itu, kata kepala sekolah lagi, juga dilaksanakan revisi pengurus komite sekolah sebab pengurus lama ada yang mengundurkan diri. 

Kegiatan itu turut didukung pengawas sekolah Wilayah V Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Drs. Maswardi, hanya saja yang bersangkutan tidak sempat hadir karena ada kegiatan ditempat lain.  

Januardi berharap adanya kerja sama yang baik antara seluruh pemerhati pendidikan seperti pemerintah, komite dan masyarakat guna kemajuan pendidikan, nantinya sekolah akan melahirkan generasi-generasi penerus bangsa berbudi pekerti serta berakhlak mulia.

Sementara, ketua Komite SD Negeri 11 CGB, Hj. Elda Gusni, SY sangat mendukung kegiatan yang diselanggarakan kepala sekolah itu.

"Apapun kegiatan diprogramkan kepala sekolah, saya sebagai ketua komite mendukung penuh, apalagi kegiatan itu positif demi kemajuan sekolah," katanya. 

Ia juga mengaku bangga terhadap kegiatan yang dilaksanakan itu dan menilai Kepsek SD Negeri 11 CGB termasuk seorang guru kreatif.  

"Sebenarnya saya ingin mengundurkan diri dari kepengurusan komite ini, tapi melihat kepala sekolah cukup semangat, termasuk permintaan dari seluruh wali murid maka saya tetap berusaha menyumbang. Upaya saya tetap dipengurusan semata-mata hanyalah untuk kemajuan sekolah," ucap Elda Gusni. 

  
# GP | JANUARDI | AN

Post a Comment

0 Comments

PT.Andalas Nusantara Parlemen Mengucapkan, Selamat datang di Website www.goparlement.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga Anda puas, Tertanda; Rifnaldi (CE) Pimred