Pemkab Tanah Datar Lauching Aplikasi Siskeudes Nagari


Tanah Datar(SUMBAR).GP- Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) berperan penting untuk mewujudkan akuntabilitas dalam tata kelola keuangan nagari yang bersih, tertib, efektif dan efisien. Sejalan dengan Permendagri nomor 20/2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa yang menegaskan bahwa pengelolaan keuangan desa dapat dilakukan dengan menggunakan sistem informasi.

Hal itu disampaikan Bupati Tanah Datar diwakili Asisten Administrasi Umum Helfy Rahmy Harun saat membuka acara launching dan sosialisasi aplikasi Siskeudes berbasis online, di Aula Kantor Bupati, Batusangkar, Rabu (23/10/2019).

“Aplikasi Siskeudes sangat membantu pemerintah nagari dalam proses pengelolaan keuangannya, baik dalam penyusunan APB nagari, pelaksanaan, penata usahaan, pelaporan dan pertangung jawaban,” ujar Helfy Rahmy Harun.

Siskeudes pertama kali diperkenalkan oleh BPK perwakilan propinsi Sumatera Barat tahun 2015, efektif digunakan sejak tahun 2016, sesuai Permendagri nomor 113 tahun 2014 dan Permendagri nomor 20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa, terkait hal itu telah ditindak lanjuti oleh pemerintah daerah dalam bentuk peraturan bupati guna mendukung peraturan tersebut.

“Penerapan aplikasi Siskeudes berbasis online akan dilaksanakan pemerintah daerah Tanah Datar di tahun 2020, diminta seluruh pihak terkait mempersiapkan sarana/prasarana pendukung aplikasi Siskeudes, segera konsultasi dengan pihak terkait bagaimana aplikasi ini berjalan dengan lancar dan memahami segala persoalan terkait aplikasi Siskeudes,” ujar Helfy Rahmy Harun.

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan Daerah Tanah Datar Adrion Nurdal mengatakan acara tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pemerintah nagari dalam memaksimalkan pengelolaan keuangan desa dengan Siskeudes berbasis online.

“Siskeudes ini dapat mempercepat penyelesaian APB nagari dengan sebaik-baiknya, untuk itu kepada camat dan wali nagari se kabupaten Tanah Datar ikutilah acara ini dengan sungguh-sungguh,” ujar Adrion Nurdal didampingi Inspektur Pembantu Desrizal.

Sebelumnya, Koordinator pengawas JFA bidang APD BPKP Perwakilan Propinsi Sumatera Barat Jun Sumarno mengapresiasi yang telah dilakukan pemerintah Tanah Datar mewujudkan Siskeuda berbasis online, dalam pengelolaan keuangan nagari yang diinisiasi Kabid Anggaran BKD Andrianto.

“Lahirnya Siskeudes lima tahun lalu, telah memberi banyak manfaat dalam pengelolaan keuangan nagari yang jumlahnya begitu besar. Terima kasih kepada Pemerintah Tanah Datar, telah mempersiapkan Siskeudes berbasis online sebaik-baiknya,” ujar Jun Sumarno.

#GP | CE | Humas-rilis | RHN.

Post a Comment

0 Comments

PT.Andalas Nusantara Parlemen Mengucapkan, Selamat datang di Website www.goparlement.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga Anda puas, Tertanda; Rifnaldi (CE) Pimred