Walikota Padang Buka Pelatihan Latsar Tahap II CPNS - Go Parlement | Portal Berita

Walikota Padang Buka Pelatihan Latsar Tahap II CPNS

Share This

Padang(SUMBAR).GP – Wali Kota Padang Mahyeldi membuka secara resmi Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan III Angkatan V, VI, VII dan VIII di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Tahun 2019 di Ruang Bagindo Aziz Chan Balaikota Padang Aie Pacah, Selasa (25/6/2019).

Pada kesempatan itu Mahyeldi mengatakan, perjuangan untuk menjadi CPNS memakan waktu yang cukup panjang dan melelahkan. CPNS juga tidak secara otomatis langsung menyandang status sebagai PNS, tetapi harus melalui masa prajabatan, yaitu masa percobaan selama satu tahun yang wajib dijalani oleh CPNS melalui proses pendidikan dan pelatihan.

“Melalui Latsar ini nanti diharapkan membawa banyak perbaikan untuk Pemerintah Kota Padang dan untuk  peserta pelatihan sendiri, karena peserta akan dibekali dengan berbagai materi peningkatan kompetensi selaku ASN antara lain; kemampuan menunjukkan sikap bela negara, mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS, pengetahuan tentang kedudukan dan peran PNS dalam NKRI, serta penguasaan kompetensi teknis yang dibutuhkan sesuai bidang tugasnya secara profesional sebagai pelayan masyarakat”, kata Wako Mahyeldi.

Wako menambahkan, persolan kompetensi merupakan amanah yang diatur dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN. “Seorang PNS dituntut untuk bekerja dengan baik dan memiliki kompetensi sesuai dengan formasi dan beban tugas yang diemban”, katanya.

“Orang yang terpakai adalah orang yang ahli di bidangnya, tidak bisa setengah- setengah, harus punya skill. Gunakanlah skill itu untuk mencarikan solusi bagi setiap permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat”, katanya lagi.

“Karena Latsar sekarang menerapkan pola baru, saya juga menantang para peserta untuk memberikan saran kepada Pemko Padang di akhir pelatihan nanti. Oleh sebab itu, manfaatkanlah waktu selama 51 hari nanti, 21 hari kerja untuk mengikuti metode klasikal dan 30 hari kerja untuk pembelajaran non klasikal dengan sebaik-baiknya”, pungkas Wako.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Latsar CPNS Golongan III di lingkungan Pemko Padang yang diwakili oleh Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang, Fitri menjelaskan, Latsar ini merupakan Latsar Tahap II yang terdiri dari 4 angkatan. Pelaksanaannya akan berlangsung 1 Juli s.d 30 September 2019 di Edotel Bundo Kanduang Padang.

Sedangkan peserta sebanyak 160 orang merupakan CPNS yang berasal dari formasi jabatan guru, tenaga teknis administrasi dan tenaga medis, yang dibagi 40 orang per angkatan.

Turut hadir pada kesempatan itu Kepala BPSDM Provinsi Sumatera Barat Jefrinal Arifin dan Widyaiswara BPSDM Provinsi Sumatera Barat Khairanti  Khairani.

“Materi Latsar akan mempedomani ANEKA sebagai nilai-nilai dasar yang harus dianut oleh seorang ASN, yaitu Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika publik, Komitmen mutu dan Antikorupsi. Sehingga melalui konsep tersebut didapatkan hasil PNS yang profesional dan berkarakter”, tutur Jefrinal.

# GP|Rita|Humas

No comments:

Post a Comment

Penghargaan dari DPN PPWI

Penghargaan dari DPN PPWI
PT.Andalas Nusantara Parlemen Mengucapkan, Selamat datang di Website www.goparlement.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga Anda puas, Tertanda; Rifnaldi (CE) Pimred