Pemkab Tanah Datar Perkuat Kerjasama Dengan Bulog - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Pemkab Tanah Datar Perkuat Kerjasama Dengan Bulog

Selasa, Juni 25, 2019
Tanah Datar(SUMBAR).GP- Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma membuka secara resmi Rapat Koordinasi Rencana Kerjasama antara Pemkab Tanah Datar dengan Perum Bulog Divisi Regional Sumatera Barat dalam Rangka Mewujudkan Kedaulatan Pangan dan Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi, demikian dikatakan Kabag Humas Pemkab Tanah Datar, Yusrizal diruang kerjanya, Selasa (25/6).

Dikatakannya, Wabup menyampaikan, pelaksanaan Rakor ini sejalan dengan amanat Peraturan Bupati Tanah Datar Nomor 62/2017 tentang Tupoksi dan Uraian Tugas Setda, di antaranya menyiapkan perumusan kebijakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas dan fungsi bidang perekonomian dan amanat PP Nomor 13 Tahun 2016 tentang Perum Bulog.

“Perum Bulog merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berperan menjaga tiga pilar ketahanan pangan nasional, yaitu Pilar Ketersediaan, Pilar Keterjangkauan, dan Pilar Stabilitas Pangan dan berperan memotong mata rantai distribusi pangan yang panjang dan tidak ada penjaminan harga produsen dan konsumen,” sampai Wabup.

Sesuai Visi kelima Kabupaten Tanah Datar, tambah Wabup Zuldafri, yaitu meningkatkan ekonomi masyarakat berbasis kerakyatan dengan mengoptimalkan pemanfaatan Sumber Daya Daerah untuk tingkatkan ekonomi. “Ada beberapa arah kebijakan yang hendaknya dilaksanakan berupa kegiatan, yakni peningkatan produksi dan produktivitas pertanian, pengembangan UMKM berbasis sumber daya lokal, meningkatkan kapasitas pelaku usaha dagang kecil menengah, pemberdayaan masyarakat melalui daya saing produk dan lain-lain,” ungkap Wabup.

Kemudian Zuldafri mengingatkan kepada seluruh peserta Rakor untuk ikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya, sehingga memperoleh informasi penting dari Pemda maupun dari Perum Bulog. “Pembangunan ekonomi melibatkan semua pihak termasuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE), BUMNag, Perusda sehingga diperlukan sinergisitas sehingga diharapkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Disinilah peranan Bulog yang diharapkan dengan tiga pilar ketahanan pangannya, yakni Pilar Ketersediaan, Keterjangkauan, dan Stabilitas,” tukasnya.

Sebelumnya Ketua Pelaksana Kepala Bagian Perekonomian Masni Yuletri dalam laporannya menyampaikan maksud tujuan pelaksanaan rapat koordinasi. “Rakor ini bertujuan menginformasikan peran Perum Bulog dalam membantu pelaksanaan ketahanan pangan dan membantu pencapaian Visi Kabupaten Tanah Datar,” sampainya.

Dalam kegiatan ini, ungkap Yuletri, direncanakan hadir 260 orang peserta dan undangan. “Rakor ini kita hadirkan narasumber dari Perum Bulog Sumbar dengan peserta dari OPD terkait, Camat, Wali Nagari, KUBE, BUMNag dan lainnya, sehingga diharapkan informasi keterkaitan serta hal lainnya tentang kelebihan Bulog dapat diketahui dan dimanfaatkan bersama,” harapnya.

Selepas acara resmi, narasumber Upik Farida Kabid Komersial dan Pengembangan Bisnis Perum Bulog Divisi Regional Sumbar mengungkapkan, saat ini Perum Bulog tidak hanya mengurus sembilan bahan pokok saja. “Saat ini Bulog tidak hanya untuk mendistribusikan beras saja, namun sudah meliputi tugas fasilitasi dan pembinaan logistik pengadaan, pengelolaan ketersediaan dan pengendalian. Dan Tanah Datar mempunyai berbagai potensi yang potensial untuk dikembangkan,” tukasnya.

Turut hadir Asisten Ekonomi Pembangunan Edi Susanto, Kepala Baperlitbang Alfian Jamrah, Kadis Pertanian Yulfiardi, Kepala Bagian, Camat, Wali Nagari, KUBE dan BUMNag se Kabupaten Tanah Datar, serta undangan lainnya.

#GP | Ce

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS