Demi Memudahkan Menata Data dengan Baik, Pemko Beri Pelatihan JIGD bagi OPD

Padang Panjang(SUMBAR).GP- Pemerintah Kota Padang Panjang melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPEDA) mengadakan Pelatihan Jaringan Informasi Geospasial Daerah (JIGD), Selasa (25/6) di Aula BAPPEDA.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dan diikuti oleh 35 orang peserta utusan dari seluruh OPD dari lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang dan khusus hari pertama akan diberikan materi umum untuk seluruh pimpinan OPD.

Kepala Pusat Pengelolaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial Dr. Ing Khafid menjelaskan Geospasial ini merupakan semua informasi dan berbagai jenis data mengenai kenampakan bumi. Informasi tersebut biasa dikenal dengan istilah Informasi Geospasial (IG). Ada berbagai macam IG antara lain peta dasar yang meliputi peta tematik datar, peta tutupan lahan, peta risiko bencana, peta zonasi wilayah, dan peta sosial-ekonomi. Lembaga pemerintah yang memegang kendali atas IG Indonesia adalah Badan Infomasi Geospasial (BIG).

Nah disini geospasial suatu peta dimana peta ini menjelaskan sebuah data, dimana datanya tidak memuat informasi kuantitasnya saja melainkan lengkap dengan lokasinya, seperti lahan sebuah sawah luasnya berapa, lokasinya dimana itu akan tertata di data geospasial ini.

"Saya yakin di Padang Panjang ini tidak semua data dikumpulkan disatu tempat, nah karena itu geospasial dapat memudahkan kita mendata semua data dengan baik," ujarnya.

Misalkan satu RT atau RW memiliki jaringan irigasi, nah irigasi ini tentunya tidak semua data tiap-tiap RT dan RW sama, dan formatnya pun pada tiap-tiap RT dan RW tersebut juga tidak sama.

"kita tentu ingin data yang kita miliki ini sama dan terpusat pada satu pengelola," katanya.

Disamping itu, Plt. Asisten III Syahril, SH menyampaikan bahwa melalui pelatihan JIGD dapat memberikan kemudahan bagi peserta dalam menata data dengan baik dan dikelola secara terstruktur, transparan dan terintegrasi.

Serta dapat mewujudkan JIGD di lingkungan Pemkot Padang Panjang melalui pengetahuan dan informasi yang diberikan kepada OPD.

#GP | CE

Post a Comment

0 Comments

PT.Andalas Nusantara Parlemen Mengucapkan, Selamat datang di Website www.goparlement.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga Anda puas, Tertanda; Rifnaldi (CE) Pimred