Kota Padang Panjang Bakal Jadi Tuan Rumah ICGE ke - VII - Go Parlement | Portal Berita

Kota Padang Panjang Bakal Jadi Tuan Rumah ICGE ke - VII

Share This

Padang Panjang(SUMBAR).GP- Kota Padang Panjang akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Internasional Conference On Global Education (ICGE) yang diselenggarakan pada tanggal 1 dan 2 Juli mendatang. Kurang lebih 700 peserta dari empat negara,yakni, Indonesia, Malaysia, Singapura dan Taiwan bakal hadir di Kota berhawa sejuk itu. Gedung Hoerijah Adam ISI Padang Panjang akan menjadi saksi sejarah konferensi tersebut.

Internasional Conference On Global Education merupakan pertemuan para pendidik, seperti para dosen dan guru tingkat SLTP/ SLTA. Mereka akan mengikuti seminar yang akan melahirkan rumusan dan resolusi terkait dunia pendidikan. Resolusi itu nantinya bernama 'Resolusi Padang Panjang'.

Adapun tema dari ICGE ke -VII kali ini adalah Humanising Technology For IR 4.0 dengan Keynote Speaker berasal dari lima negara, antara lain, Prof. Dr. Herry,MBA dari Indonesia, Prof Dato' Dr. Norazah Nordin dari Malaysia, Tomi Kouppinen, Ph.D dari Finlandia, dan narasumber lainnya seperti dari Singapura dan Taiwan.

Ditunjuknya Kota Padang Panjang sebagai tuan rumah Event Internasional itu, merupakan hasil dari lobi Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran BBA Datuak Paduko Malano dengan Pihak Universitas Eka Sakti (UNES) sebagai pihak penyelenggara.

Secara meyakinkan, Walikota Padang Panjang meminta pihak UNES menyelenggarakan Event itu di Kota Padang Panjang. Kota Padang Panjang yang kondusif, berhawa sejuk dan dijuluki sebagai Kota Pendidikan adalah beberapa alasan pihak UNES menyetujuinya.

Wako Fadly berharap lewat event itu Kota Padang Panjang lebih di kenal di mancanegara.Selain itu, moment Internasional itu akan berdampak pada geliat perekonomian masyarakat Kota Padang Panjang.

Dari situ juga akhirnya sejumlah pihak turut terlibat, seperti, Institute Seni Indonesia Padang Panjang, Universitas Baiturahmah, Persatuan Kedoktoran Teknikal Malaysia dan pihak lainnya.

Plt. Asisten I Maiharman dijumpai di ruang kerjanya, Selasa, (28/5) mengatakan, Event tersebut merupakan ajang adu pemikiran ilmiah lewat makalah dari para peserta yang terdiri dari dosen dan guru SLTP maupun SLTA.

"Nanti ada tim penilai, para peserta nanti dibagi menjadi 11 kelas paralel ada 11 tema, masing masing kelas ada tim pengawas sekaliber Professor, Doktor dan S2. Pengawas akan melihat dan menilai makalah yang layak nantinya dimasukkan ke dalam Jurnal Internasional yang berpusat di Amerika Serikat," ungkap Maiharman.

Plt. Asisten I Maiharman sehari sebelumnya mewakili Walikota Fadly Amran memimpin rapat lanjutan persiapan ICGE di ruang VIP Balaikota. Rapat dihadiri Rektor UNES Dr. Otong Rosadi, SH M. Hum beserta jajaran, Pihak Universitas Baiturrahmah, Rektorat ISI dan sejumlah pejabat terkait Pemko Padang Panjang.

Dikatakan Maiharman, terjadi lonjakan peserta dari Negara Malaysia yang semula 50 orang kini menjadi 200, setelah mereka tahu Kota Padang Panjang sebagi Tuan Rumahnya.

"Pihak penyelenggara UNES mengajak pihak dari Malaysia mensurvei langsung. Mereka melihat Lokasi Mifan sebagai salah satu tempat menginap dan mereka setuju, Disitulah jumlah peserta meningkat dari 50 menjadi 200 peserta yang dipastikan hadir," ungkap Maiharman.

Sementara peserta dari Indonesia saat ini dipastikan baru 150 orang. Hal yang menarik dari Seminar ICGE ke VII kali ini adalah lokasi. Lokasi sebelumnya para peserta berkutat disekitar hotel yang menyatu dengan tempat seminar namun kali ini terpisah. Para peserta bisa menikmati Keindahan Kota Padang Panjang.


#GP | Ce | Release Kominfo | Harris

No comments:

Post a Comment

Penghargaan dari DPN PPWI

Penghargaan dari DPN PPWI
PT.Andalas Nusantara Parlemen Mengucapkan, Selamat datang di Website www.goparlement.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga Anda puas, Tertanda; Rifnaldi (CE) Pimred