Kontingen Kota Payakumbuh Juara I Lomba Saka Bakti Husada. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Kontingen Kota Payakumbuh Juara I Lomba Saka Bakti Husada.

Selasa, Oktober 30, 2018
Payakumbuh(SUMBAR).GP- Pada rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 54 Tingkat Sumatera Barat yang dipusatkan di Medan nan Bapaneh Objek Wisata Lembah Harau tanggal 25 - 28 Oktober 2018 lalu, kontingen Saka Bakti Husada (SBH) Kota Payakumbuh boyong beberapa kejuaraan lomba.

SBH Tingkat Sumbar ini dibuka resmi oleh Kepala Dinkes Provinsi Sumbar dr. Merry yuliesday, Mars dudampingi Bupati 50 kita Irfendi Arbi bersama Kadinkes Kota Payakumbuh Elzadaswarman dan Pimpinan OPD terkait.

"SBH adalah wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman dan pemberian kesempatan untuk membaktikan dirinya kepada masyarakat dalam bidang kesehatan. Saka Bakti Husada itu sendiri telah diresmikan pada tanggal 17 Juli 1985," kata Kadinkes Provinsi Sumbar dr. Merry Yuliesday, Mars.

Dikatakan Merry, mengingatkan kembali sejarah lahirnya Saka Bhakti Husada (SBH) dalam rangka membuka Kemah Bhakti Germas Provinsi Sumatera Barat dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke 54 di Bumi Perkemahan Medan nan Bapaneh Lembah Harau Kab. 50 Kota ini, diharapkan SBH dapat melahirkan kader pembangunan di bidang kesehatan. Kader yang dapat membantu melembagakan norma perilaku hidup sehat  dan bersih bagi semua anggota Gerakan Pramuka dan masyarakat di lingkunganya.

"Selain itu diharapkan kader melaksanakan kesakaan dilaksanakan di Gugus Depan dan satuan karya Pramuka disesuaikan dengan usia dan kemampuan jasmani dan rohani peserta didik," pungkas Merry Yuliesday.

Pembukaan SBH kesempatan itu ditandai juga dengan pemotongan kue HUT HKN Ke 54 tahun 2018 yang diiringin lagu selamat ulang tahun oleh peserta Kemah Bhakti Germas SBH ke 16 tingkat kota dan kabupaten yang ada di Provinsi Sumbar

Sementara Bupati 50 Kota Irfendi ari menyampaikan terima kasih kepada pihak Provinsi Sumbar yang telah mempercayakan Kabupaten Limapuluh Kota sebagai tuan rumah kegiatan.

Di lokasi yang sama, Kadinkes Kota Payakumbuh elzadaswarman juga menyampai bahwa SBH adalah generasi muda sebagai  pioner dan pelopor kesehatan di satuan karya di pramuka yang mempunyai 6 krida.

"Keenam krida tersebut merupakan satu kesatuan tak terpisah, yakni 1) Krida Bina  Lingkungan Sehat, 2) Krida Bina Keluarga    Sehat, 3) Krida Penanggulangan Penyakit, 4) Krida Bina Gizi, 5) Krida Bina Obat dan 6) Krida Perilaku  Hidup," terang Elzadaswarman didampingi Syawal Mai Putra dari Kwarcab 0314 Payakumbuh.

Setelah melalui berbagai tahapan lomba, kontingen dari Kota Payakumbuh meraih beberapa juara. Sebagaimana disebutkan Kadinkes  Elzadaswarman dalam apresiasinya.

"Kita sangat apresiasi dengan kepada kontingen SBH Payakumbuh dari SMK Negeri 2 Payakumbuh yang telah meraih Juara I untuk cipta Lagu Germas dan Juara II untuk Juara Yel Yel Kesehatan. Insyaallah tahun depan di Dharmasraya, kita akan tingkatkan. Ayo hidup sehat mulai dari kita," pungkas Elzadaswarman.

Kadinkes Payakumbuh, Elzadaswarman melalui staf Promkes Zulfuadi yang ikut dalam kompetisi SBH itu, Ahad (28/10/2018) sebutkan bahwa dalam Kemah Bhakti Germas ke 16 ini Kadinkes Provinsi Sumbar diwakili asisten 3 prov serahkan bendera pataka SBH ke Kadinkes Kab. Dhamasraya sebagai tuan rumah Kemah Bhakti SBH tahun 2019.

#GP- Imp/Red

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS