TANAH DATAR PUNYA 150 DESTINASI WISATA - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

TANAH DATAR PUNYA 150 DESTINASI WISATA

Selasa, Agustus 07, 2018

Batusangkar(SUMBAR).GP- Potensi besar yang dimiliki Kabupaten Tanah Datar di bidang kebudayaan dan kepariwisataan, menjadikan Tanah Datar sebagai salah satu destinasi wisata utama di Sumatera Barat. Tercatat lebih kurang 150 destinasi wisata yang dimiliki Tanah Datar, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata bahari, wisata budaya, atraksi seni tradisonal dan wisata kuliner.

Upaya pemerintah daerah untuk mengembangkan sektor pariwisata dibarengi pengembangan sektor ekonomi kreatif, salah satunya merangkul beberapa pihak yang berkompeten untuk peningkatan SDM pariwisata aparatur pemerintah, pelaku usaha pariwisata dan masyarakat Tanah Datar.

Sebagai langkah strategis menuju ke arah tersebut, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menjalin kerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif RI yang diwujudkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman Kerjasama Pengembangan Potensi Ekonomi Kreatif di Kabupaten Tanah Datar antara Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dengan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Republik Indonesia Triawan Munaf, di Gedung BUMN Jalan Merdeka Selatan Jakarta Pusat, Senin (6/8/2018)

Bupati Irdinansyah Tarmizi dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada BEKRAF atas terwujudnya penandatangan Nota Kesepahaman dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

“Ini merupakan penghargaan luar biasa bagi Tanah Datar akan mendapat bimbingan dan pembinaan dari BEKRAF, sehingga nantinya pariwisata Tanah Datar semakin maju diiringi tumbuhnya ekonomi kreatif yang akan memberi daya dorong peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ucap Bupati yang didampingi Kadis Parpora Edi Susanto, Kadis Koperindag Abdul Hakim, Kabid Kebudayaan Dinas Dikbud Abrar Mukhlis dan Kabag Umum Nofenril.

Disampaikan bupati, Tanah Datar dengan keterbatasan Sumber Daya Alam yang dimiliki,  tidak menyurutkan optimisme pemerintah daerah memajukan daerah. Tanah Datar dengan menyandang status Luhak Nan Tuo sekaligus pusat Budaya Minangkabau menjadi aset yang sangat berharga, sehingga sektor pariwisata menjadi prioritas bersama pembangunan Sumber Daya Manusia, pengembangan sektor pertanian dan perbaikan infrastruktur.   

“Mudah-mudahan melalui penandatangan nota kesepahaman ini menjadi payung untuk lahirkan kerjasama di berbagai bidang untuk Tanah Datar sesuai tugas dan fungsi BEKRAF, apalagi kami sangat tersanjung dengan kehadiran langsung Wakil Kepala, Sestama dan seluruh deputi BEKRAF,“sebut bupati sumringah.   

Senada dengan itu Kepala Badan Ekonomi Kreatif RI Triawan Munaf menyambut baik kerjasama ini. “BEKRAF bertugas menciptakan ekosistem ekonomi kreatif yang efisien dan kondusif, dengan begitu para pelaku bisa berkarya lebih baik sehingga ekonomi kreatif bisa memberikan kontribusi peningkatan pendapatan daerah dan masyarakat,” ucap Triawan.

“Kami inginkan MoU ini tidak hanya sebatas di atas kertas tetapi menjadi kertas kerja yang bisa menjadi payung hukum untuk mengembangkan potensi ekonomi kreatif  di Tanah Datar,” harap Triawan sembari menyebutkan Tanah Datar sebagai satu-satunya daerah di Sumbar yang sudah menjalin kerjasama dengan BEKRAF.

Ditambahkan, “Bersama saya turut mendampingi Wakil Kepala BKRAF Indonesia Ricky Joseph Pesik, Plt. Sestama Selliane Halia Ishak, Deputi Riset, Edukasi dan Pengembangan Abdur Rohim Boy Berawi, Deputi Akses Permodalan Fadjar Hutomo, Deputi Infrastruktur Hari Santosa Sungkari, Deputi Pemasaran Joshua Puji Mulia Simandjuntak, Deputi Fasiltasi Hak Kekayaan Intelektual dan Regulasi Ari Juliano Gema dan Deputi Hubungan Antar Lembaga dan Wilayah Endah Wahyu Sulistianti,” sebut Triawan sambil memperkenalkan pejabat Eselon I di jajaran BEKRAF.

“Masing-masing kedeputian memiliki tugas dan fungsi yang saling bersinggungan serta saling dukung untuk menciptakan ekosistem ekonomi kreatif,” urainya.


#GP-VN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS