Watua LKAAM Sumbar Epi Radisman Dt.Paduko Alam, SH: Sumbang 12 Adalah Peraturan Tidak Tertulis Dalam Minangkabau. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Watua LKAAM Sumbar Epi Radisman Dt.Paduko Alam, SH: Sumbang 12 Adalah Peraturan Tidak Tertulis Dalam Minangkabau.

Selasa, Maret 26, 2024


Sijunjung (SUMBAR),GP-  Wakil Ketua Umum LKAAM Provinsi Sumatera Barat H Epi Radisman Dt Paduko Alam SH tampil memukau dihadapan dua ratusan siswa dan Majelis  Guru SMKN 1 Sijunjung dalam menyampaikan materi khusus "Etika Anak Minangkabau" (Sumbang12 dan Tau di Nan Ampek) di Masjid Istiqomah Tanjung Ampalu, Senin,  (25/3)


Sumbang 12 (Duo Baleh) adalah peraturan tidak tertulis dalam Adat Minangkabau yang berisi tentang Tata Krama dan nilai Sopan Santun, didalamnya termuat dua belas ketentuan dan larangan yang mesti ditaati oleh setiap anak Minangkabau dimanapun berada, tutur Sang Datuk Paduko Alam.


Sumbang bukanlah salah, tetapi diterjemahkan dengan perbuatan atau prilaku khusus untuk anak Minangkabau  dalam kehidupan sehari-hari yang dikiaskan "Buruak Cando" sekaligus mengakibatkan turunnya derajat kepribadian seseorang didalam masyarakat adat Minangkabau bagi yang melanggarnya.


Justru itu dari dahulu kala para leluhur terutama Bundo Kanduang SELALU mengingatkan kepada anak cucunya bahwa ;

"Nan kuriak kundi,

Nan merah sago,

Nan baiak budi,

Nan indah baso," tukuk sang Datuak.


Malahan Kepala SMKN 1 Sijunjung Jufri, S.Pd yang juga menyandang gelar Soko Dt Mangkuto Sati itu,  turut menambahkan, bila sumbang 12 difahami oleh anak-anak didik-ku dan terhindar dari perilaku yang dianggap menyimpang dari tatanan kehidupan sehari-hari orang Minangkabau, maka kelak akan mendapat nilai kemuliaan.


"Pulau  pandan jauah ditangah,

Dibalik pulau si Angso duo,

Hancur badan dikanduang tanah,

Budi baiak takana juo," 

harap sang Datuak Mangkuto Sati,


Selanjutnya,Dt Paduko Alam  menegaskan, kepada seluruh siswa dan majelis guru SMKN tersebut, hendaklah juga mengerti dan tau Jo Nan Ampek yang dikiaskan dengan jalan yakni;


"Jalan Mandaki, 

Jalan Manurun,

Jalan Mandata,

Dan jalan Malereng" 


sembari Sang Datuak Paduko Alam menutup dengan sebuah pantun, 

"Ambacang ditangah Padang,

Ditingkek tangah duo tingkek,

Dahan pauah sadang babungo.

Kok dirantang nomuah nyo panjang,

Elok dikumpa nak nyo singkek,

Ambiak sajo lah nan ka paguno".


#GP | era

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS