Kembangkan Peran Diplomasi Parlemen, DPR Berhasil Sukseskan Penyelenggaraan MIKTA - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Kembangkan Peran Diplomasi Parlemen, DPR Berhasil Sukseskan Penyelenggaraan MIKTA

Rabu, Desember 06, 2023


Ketua DPR RI Puan Maharani dalam Rapat Paripurna Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024 di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa (5/12/2023). Foto : Arief/Man

 


Jakarta(DKI).GP- Dalam menjalankan diplomasi parlemen, Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan delegasi DPR RI telah menghadiri berbagai sidang dalam rangkaian penguatan diplomasi untuk mengembangkan peran parlemen di kancah global. Serta telah sukses menjadi tuan rumah penyelenggaraan pertemuan Ketua Parlemen Negara MIKTA yang terdiri dari Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia.


“Indonesia juga telah sukses menyelenggarakan pertemuan Ketua Parlemen Negara MIKTA yang terdiri dari Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia pada tanggal 20 November 2023,” ujarnya dalam Rapat Paripurna Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024 di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa (5/12/2023).


Sidang MIKTA Ke-9 dengan tema ‘Strengthen Multilateralism, Addressing Intergenerational Challenges’ telah memberi kesempatan kepada Indonesia sebagai tuan rumah untuk meningkatkan peluang dan kerja sama konkret antarnegara anggota MIKTA.


Kegiatan Sidang MIKTA Ke-9 di Jakarta juga telah menghasilkan Chair’s Statement yang berisi komitmen parlemen anggota MIKTA guna mendukung terciptanya dunia yang damai bagi generasi sekarang dan mendatang. Parlemen anggota MIKTA juga menekankan pentingnya diplomasi parlemen berperan aktif dalam tata kelola global abad 21 untuk mencari solusi berbagai tantangan bersama.


Selain kegiatan multilateral, parlemen Indonesia juga telah melakukan pertemuan bilateral melalui kunjungan duta besar dan delegasi negara seperti Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Australia, serta Italia. Peran diplomasi DPR diharapkan dapat memperkuat posisi politik luar negeri RI bagi kepentingan nasional.

#GP | CE| Suber: dpr.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS