Dibuka Pj Wako Sonny, KNPI Gelar Diskusi Kebudayaan dan Kedaerahan - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Dibuka Pj Wako Sonny, KNPI Gelar Diskusi Kebudayaan dan Kedaerahan

Kamis, Oktober 26, 2023


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si membuka kegiatan Diskusi Kebudayaan dan Kedaerahan yang digelar Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Padang Panjang, di Pendopo Rumah Dinas Wako, Kamis (26/10/2023).


Diskusi tersebut mengangkat tema “Pasa Jalan Dek Batampuah, Lanca Kaji Dek Baulang”, diikuti pengurus KNPI, lembaga kepemudaan di Padang Panjang seperti BKPRMI, Duta GenRe, Uda Uni Duta Wisata, Pemuda Muhammadiyah, OSIS tingkat SLTA dan undangan lainnya. Tampil sebagai narasumber Tokoh Adat/Budayawan Minangkabau, Yus Datuak Parpatiah, Ketua MUI Padang Panjang, Zulhamdi, Lc, MA.


Sonny menyampaikan, generasi muda akan menjadi penerus dan generasi emas dimasa yang akan datang. Peran pemuda untuk zaman sekarang sangat dibutuhkan mempertahankan budaya Minangkabau yang identik dengan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.


“Kita berharap koordinasi dan komunikasi generasi muda, tidak hanya KNPI, namun semua lembaga di Padang Panjang bisa terjalin dengan Pemerintah Kota. Karena jalannya pemerintahan tidak hanya oleh pemerintah saja, juga dibutuhkan lembaga-lembaga yang bermitra dengan Pemko. Peran pemuda zaman dulu dan sekarang tentu berbeda. Tujuannya sama, namun caranya berbeda,” ujarnya.


Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini generasi muda di Padang Panjang dapat menanamkan dan melestarikan kebudayaan Minangkabau dengan terus mempelajarinya. “Berdiskusilah untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat dengan narasumber yang sangat mengetahui ilmu kebudayaan Minangkabau,” tuturnya.


Sementara itu, Ketua KNPI Padang Panjang, Andi Arianto mengatakan, pihaknya mendatangkan narasumber yang benar-benar mengetahui kebudayaan dan kedaerahan, untuk berbagi ilmu dengan semua peserta.


“Kita tidak hanya mendatangkan organisasi kepemudaan, namun juga ada Bundo Kanduang untuk bisa berbagi ilmu dengan kita, dan anak muda di Padang Panjang,” ungkapnya.


#GP | DF | Shintia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS