Dinkes Laksanakan Pengawasan Pangan Olahan Siap Saji pada Acara Manasik Haji TK - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Dinkes Laksanakan Pengawasan Pangan Olahan Siap Saji pada Acara Manasik Haji TK

Kamis, September 14, 2023


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padang Panjang laksanakan pengawasan pangan olahan siap saji yang ditambahkan nitrogen cair pada acara Peragaan Manasik Haji, Kamis (14/09/2023) di Lapangan Bancalaweh.


Tim bersama Satpol PP menyasar jajanan siap saji yang diperjualbelikan, terutama jajanan yang menggunakan nitrogen di area lapangan.


Kepala Seksi SDK dan Peningkatan Mutu Dinkes, Ns. Mery Febrieni, S.Kep, M.Kes menyampaikan, pengawasan sekaligus  memberikan komunikasi edukasi dan informasi yang bersifat binaan terhadap penjual tentang larangan penjualan chikibul/smoke snack/dragon breath yang dituangkan Nitrogen (LN2).


“Berdasarkan surat edaran dari Kementerian Kesehatan, Pemerintah Daerah melakukan pengawasan terhadap makanan siap saji yang mengandung Nitrogen cair atau Liquid Nitrogen seperti chikibul, ice smoke dan sebagainya,” ujarnya.


Selain itu, pihaknya juga menemukan tiga pedagang yang menjual chikibul. Dua berasal dari Kabupaten Solok dan satu dari Kota Pekanbaru. Kota Padang Panjang sudah sterilkan para pedagang sejak Edaran Kemenkes dikeluarkan Januari lalu.


“Kita melakukan pengawasan sekaligus penertiban peredaran produk chikibul yang dituangkan Nitrogen cair. Mengonsumsi Nitrogen dalam makanan dapat menyebabkan radang tenggorokan hingga keracunan,” katanya.


Penambahan Nitrogen cair pada produk pangan siap saji yang tidak sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti sesak nafas, radang tenggorokan, radang paru hingga keracunan. 


#GP | DF | Mg | Difa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS