Tim TSR 1 Sempat Tertunda, Bupati Eka Putra Kunjungi Masjid Taqwa Koto Tuo - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Tim TSR 1 Sempat Tertunda, Bupati Eka Putra Kunjungi Masjid Taqwa Koto Tuo

Senin, April 03, 2023


Tanah Datar (SUMBAR)  GP  - Sempat tertunda dari jadwal sebelumnya, akhirnya Tim 1 Safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar yang dipimpin langsung oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM, Sabtu (1/4/2023) kunjungi Masjid Taqwa Jorong Koto Tuo Nagari Salimpaung Kecamatan Salimpaung. 


Pada Tim Safari Ramadhan tersebut juga beranggotakan Kepala Bappeda Litbang Alfian Zamra, Kadis Kominfo Yusrizal, Kadis Pertanian Sri Mulyani, Kadis Sosial Afrizon, Kabag Kesra Ali Nardius, Kabag Prokopim Dedi Tri Widono, Kabid Trantib Pol PP Saiful Anwar, Kepala Cabang Bank Nagari Batusangkar Fauzan, Direktur Perumda Tuah Sepakat, awak media dan anggota tim lainnya. 


Bupati Eka Putra saat itu menyampaikan langsung permohonan maaf kepada masyarakat perihal tertundanya Tim Safari Ramadhan mengunjungi masjid kebanggaan warga jorong Koto Tuo tersebut. 


"Seyogyanya memang tim akan berkunjung pada tanggal 30 Maret kemarin, namun karena Saya harus melakukan perjalanan dinas ke luar kota maka baru malam ini tim bisa berkunjung ke sini," sampai Bupati. 


Menurut Bupati, dirinya memang harus melakukan perjalanan dinas ke luar kota guna melakukan pendekatan dan menjalin komunikasi intens dengan pemerintah pusat demi mendapatkan dana untuk dibawa ke Tanah Datar. 


"APBD kita rendah, jadi Saya selaku kepala daerah harus melakukan pendekatan dan menjalin komunikasi dengan pemerintah pusat supaya kita bisa mendapatkan anggaran untuk membangun kabupaten yang kita cintai ini. Alhamdulillah dari pertemuan kemarin dengan bapak Prabowo, Menhan RI akan memberikan bantuan untuk Rumah Sakit M. Ali Hanafiah Batusangkar. Selain itu direncanakan bapak Presiden bersama bapak Menhan juga akan berkunjung ke Tanah Datar, semoga ini nantinya akan menjadi kekuatan bagi kita," ujar Bupati. 


Sementara terkait dengan pembangunan pesantren yang saat ini sedang berlangsung di Koto Tuo, Bupati mengatakan bahwa Pemerintah Daerah mendukung penuh. 


"Dengan adanya pesantren disini, tentunya akan menjadi poin yang sangat bagus dalam memajukan daerah, ini juga akan menjadi langkah awal untuk menjadikan Salimpaung sebagai pusat pendidikan terutama pendidikan agama. Kehadiran pesantren disini tentunya kita harapkan akan mampu mencetak generasi muda yang qurani dan berkarakter," ujarnya. 


Selanjutnya, Bupati Eka Putra juga memohon dukungan masyarakat untuk menyukseskan program unggulan daerah. "Mari kita bersama-sama masyarakat dan pemerintah untuk menyukseskan program unggulan daerah, salah satunya adalah program Satu Rumah Satu Hafizh agar anak-anak kita kelak memiliki ilmu pengetahuan agama yang kuat sehingga akan menjadi benteng yang kokoh bagi mereka didalam menjalani kehidupan di zaman digitalisasi seperti sekarang," ajaknya. 


Tidak itu saja, Bupati Eka Putra juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar memperbanyak ibadah selama bulan Ramadhan tahun ini dan menghimbau kepada para pemilik warung agar menutup dan menghentikan aktivitasnya selama tenggang waktu dari maghrib sampai selepas shalat tarawih. 


Lebih lanjut, Bupati juga meminta doa dan dukungan masyarakat untuk kafilah Tanah Datar yang akan mengikuti lomba pada MTQ Nasional tingkat Sumatera Barat yang ke 40 di Kabupaten Solok Selatan. 


"Semoga dengan doa dan dukungan seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Datar, kafilah kita mampu menjadi yang terbaik dan kembali menjadi juara umum," harapnya. 


Diakhir sambutannya, Bupati Eka Putra juga mengingatkan agar masyarakat selalu berdoa agar dijauhkan dari orang-orang yang munafik. Karena menurutnya orang yang munafik tidak bisa dipercaya dan tidak bisa dijadikan teman. 


Sementara sebelumnya pengurus masjid Taqwa Koto Tuo Inhendri Abas menyampaikan rasa syukurnya dan terima kasih atas kunjungan Tim Safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar yang dipimpin langsung oleh bapak Bupati. 


Dia juga menyampaikan bahwa saat ini pengurus bersama panitia pembangunan masjid sedang membenahi fisik masjid pada lantai 2 yang baru selesai dipasang keramik.


 "Di lantai 2 masjid ini sudah selesai 100% dipasang keramik, namun masih banyak yang perlu dibenahi seperti dinding dan lotengnya. Kami juga sedang berusaha membuat tempat wudhu yang representatif, sehingga kalau datang tamu akan merasa nyaman tidak seperti sekarang," jelasnya. 


Menurut Inhendri Abas, selain program fisik pengurus bersama pemuda selama Ramadhan tahun ini juga melaksanakan berbagai program non fisik seperti mengadakan perlombaan dan pesantren Ramadhan. 


"Pada Ramadhan tahun ini juga akan diadakan lomba cerdas cermat, festival takbiran, lomba pentas seni pencak silat, randai dan menayangkan film dokumenter yang dibuat oleh pemuda setempat. Nanti kegiatan akan ditutup dengan kegiatan hiburan dendang berhadiah KIM dan open turnamen bola voli," sampainya. 


Terakhir, Inhendri Abas atas nama seluruh masyarakat juga tak lupa menyampaikan terima kasih kepada bapak Bupati dan seluruh anggota tim yang telah berkunjung. "Ini kali pertama masjid ini dikunjungi oleh Tim Safari Ramadhan dan alhamdulillah dipimpin langsung oleh pak Bupati," tukasnya. 


Selanjutnya, Wali Nagari Salimpaung Marjohan juga menyampaikan beberapa program pemerintah nagari baik yang sudah terlaksana maupun yang sedang dan akan dilaksanakan. 


"Beberapa program yang sedang kami upayakan antara lain perbaikan jalan untuk bisa dikembangkan menjadi jalan alternatif menuju jalan utama. Tahun ini juga akan dilakukan perbaikan jalan menuju Koto Baru yang merupakan sentra pertanian masyarakat Nagari Salimpaung dan ini memang sangat dibutuhkan masyarakat. Sementara program pembenahan kampung kumuh di Koto Tuo sudah selesai kami laksanakan," jelasnya. 


Saat itu Bupati Eka Putra juga menyerahkan bantuan pembangunan masjid sebesar 10 juta rupiah dan buku agama. Sementara dari pihak bank Nagari juga memberikan bantuan senilai 2.5 juta rupiah yang diserahkan langsung oleh Kepala Cabang Bank Nagari Batusangkar Fauzan. 


Hadir juga pada kesempatan itu anggota DPRD kabupaten Tanah Datar Nurhamdi Zahari Dt. Gindo Marajo Nan Bapayuang Ameh, Yalpema Jurin, Surva Hutri, Camat Salimpaung berserta Forkopimca, Ketua KAN, BPRN, angku-angku, niniak mamak, alim ulama, pemuda dan segenap jamaah masjid Taqwa Koto Tuo.


#   GP  |  Boyle

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS