Guru Besar Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Prof DR.H.Awis Karni, MA Jadi Khatib Sholat Idul Fitri, di Masjid Agung Dharmasraya. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Guru Besar Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Prof DR.H.Awis Karni, MA Jadi Khatib Sholat Idul Fitri, di Masjid Agung Dharmasraya.

Minggu, April 23, 2023



Dharmasraya(SUMBAR). GP-  Sholat Idul Fitri 1444 H /2023 M  di Masjid Agung Dharmasraya, dilaksanakan pada Sabtu pagi tanggal 22 April 2023 dimulai pukul 7.30 WIB dengan Khatibnya Prof DR.H.Awis Karni, MA Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang.

Terpantau, umat Islam dari berbagai  pelosok di Kabupaten Dharmasraya telah mulai berdatangan sejak pukul 6.00 pagi untuk mendapatkan saf tedepan di masjid Agung tersebut. 



Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1444 H /2023 M  tersebut  dihadiri Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Pimpinan DPRD, Kapolres Dharmasraya, Ketua MUI, Ketua Baznaz Dharmasraya dan tokoh masyarakat. Masjid ini merupakan tahun pertama tempat pelaksanaan sholat Idul Fitri tingkat Kabupaten Dharmaraya.


Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan dalam sambutannya mengucapkan " Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444/ 2023 H, Mohon maaf lahir dan bathin".



Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan menghimbau kepada masyarakat untuk merayakan hari kemenangan dengan penuh kesederhanaan. Maaf memaafkan dan berbagi dengan sesama, saling kunjung mengunjungi dengan sanak famili.



Prof.DR.H. Awis Karni, MA, Guru Besar Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, bertindak selaku khatib Idul Fitri menjelaskan tentang berbagai keutamaan yang ada di bulan suci Ramadhan.




Disebutkannya, salah satu keutamaan bulan Ramadhan adalah ketika kita berpuasa dengan tulus dan sungguh-sungguh, maka insyaAllah akan menghapuskan dosa-dosa masa lalu kita.



Rasulullah ﷺ bersabda:


مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ


Barang siapa yang puasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu (QS. Bukhari no. 2014).



Ramadhan disebut juga sebagai bulan ampunan, Allah SWT memberikan berbagai macam keistimewaan  bagi yang melaksanakan puasa.



Usai pelaksanaan sholat idul fitri, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyempatkan bersilahturrahmi dan bersalaman dengan tokoh dan masyarakat yang hadir.



#GP | Azmi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS