Wako Fadly Amran Ajak Generasi Muda Berproses Menjadi Pemimpin - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Wako Fadly Amran Ajak Generasi Muda Berproses Menjadi Pemimpin

Sabtu, Maret 18, 2023


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Seorang pemimpin tidak lahir begitu saja. Ada proses yang dilalui. Ada pengorbanan yang merupakan bagian dari proses itu sendiri. 


Hal tersebut disampaikan, Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano saat menjadi pembicara pada Seminar Manajemen Kepemimpinan, Leadership Starts with Yourself, yang diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB), Sabtu (18/03/2023).


Di dalam perjalanan seorang yang ingin menjadi pemimpin, sebut Wako Fadly, dia selalu belajar, mengevaluasi dan mengintrospeksi diri agar menjadi lebih baik. 


“Kepemimpinan adalah proses. Dimulai dari diri sendiri. Yang kita lakukan dari proses melunakkan ego diri. Peduli terhadap sekitar kita. Ada teman sakit, kunjungi. Lalu menanggapi, dan menasehati sesama teman. Proses itu penting. Berikan kontribusi di manapun berada,” katanya.


Lebih lanjut, Fadly mengajak mereka membekali diri dengan banyak membaca. Menurutnya, kebiasaan membaca akan memberikan pengaruh terhadap kepemimpinan seseorang.


Disebutkan, Berbicara kepemimpinan, mesti ada yang dipimpin. Kepemimpinan harus ada hubungan pada kemaslahatan. “Berbicara kepemimpinan bukan tentang gagah-gagahan. Keberadaan kita sebagai seorang pemimpin harus memberikan manfaat bagi orang yang kita pimpin,” tuturnya. 


Kepada mahasiswa FKIP UMSB yang merupakan calon guru, Fadly berpesan agar memupuk jiwa kepemimpinan. Guru yang memiliki jiwa kepemimpinan bakal mampu melahirkan para pemimpin dimasa datang. 


Sebelumnya, Dekan FKIP UMSB, Dr. Gusmaizar Syandri, M.Pd mengatakan, manajemen kepemimpinan adalah suatu seni, memengaruhi orang lain dalam mencapai satu tujuan pada sebuah komunitas. 


“Menanamkan jiwa kepemimpinan dimulai dari diri sendiri. Setiap kita adalah pemimpin yang dimintai pertanggungjawabannya di akhirat kelak,” ujarnya.


Sementara itu, Gubernur BEM FKIP UMSB, Afdal Zikri berharap, kegiatan ini bisa memberikan pencerahan bagi para mahasiswa, maupun siswa dari sejumlah sekolah yang hadir pada kegiatan tersebut. 


“Harapannya kegiatan ini bisa meningkatkan pengetahuan tentang kepemimpinan yang sesungguhnya,” sebutnya.


#GP | DF | Harris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS