Puncak HKN, Dinkes Gelar Berbagai Perlombaan - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Puncak HKN, Dinkes Gelar Berbagai Perlombaan

Minggu, November 13, 2022


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di Kota Padang Panjang, kali ini dilakukan secara sederhana namun penuh makna. Di mana Dinas Kesehatan (Dinkes) selenggarakan berbagai kegiatan lomba.


Kegiatan dibuka Ketua TP-PKK Kota, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP di lapangan Bancalaweh, Ahad (13/11/2022). Turut hadir Ketua DWP, Sri Hidayani Sonny Budaya Putra, Kepala Dinkes, dr. Faizah, Direktur RSUD, dr. Lismawati R, Sp.PA, M.Biomed dan tim kesehatan dari RSUD serta puskesmas dan warga.


Dokter Dian mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Dinkes ini. “HKN saat ini bertema ‘Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku,' di mana artinya kita disuruh bangkit, kembali sehat dan semangat usai pandemi Covid-19. Kita disuruh untuk lebih baik dari hari sebelumnya dan bangkitkan ekonomi ke depannya,” ujarnya.


Selain itu Dian juga menginginkan agar tim kesehatan bisa memberikan sosialisasi dan penyuluhan pentingnya vaksinasi bagi masyarakat terkait kasus Covid-19 yang baru. Karena saat ini ada lagi varian baru dari Covid-19. 


"Kami berharap semua tim medis agar selalu memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk melakukan vaksin. Karena vaksin adalah salah satu cara untuk mencegah virus ini," ujarnya.


Selain itu Dian juga mengimbau agar masyarakat selalu menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk menghindari penyakit lainnya, baik yang menular maupun yang tidak menular.


Dian juga mengimbau agar dilaksanakan penyuluhan stunting yang saat ini menjadi permasalahan dalam 1.000 HPK (hari pertama kehidupan). Selain itu, setiap anak diminta untuk makan sesuai dengan “Isi Piringku”.


Sementara itu, Dokter Faizah menyampaikan, HKN yang diperingati setiap 12 November, pihaknya memperingatinya dengan mengadakan lomba serta penyuluhan kepada anak-anak remaja terkait dasar-dasar pertolongan pertama.


Sebelumnya Dinkes juga telah melaksanakan Gerakan Aksi Gizi Nasional di Sekolah. 


“Hari kita diisi dengan berbagai perlombaan antarpuskesmas se-Kota Padang Panjang. Seperti lomba makan kerupuk, tarik tali halu, lomba make up tutup mata, joged rebut kursi, sorong sarung dan lomba pesan berantai tentang Kesehatan,” jelasnya. 


Faizah berharap dengan momentum HKN ini, tim kesehatan Padang Panjang dan masyarakat bisa kembali pulih dan bangkit dari pandemi Covid-19. 


#GP | DF | Cigus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS