Dibuka Dokter Dian, Dinkes Luncurkan Gerakan Nasional Aksi Bergizi di Sekolah - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Dibuka Dokter Dian, Dinkes Luncurkan Gerakan Nasional Aksi Bergizi di Sekolah

Jumat, November 11, 2022


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Peringati Hari Kesehatan Nasional ke-58, Dinas Kesehatan (Dinkes) luncurkan Gerakan Nasional Aksi Bergizi di Sekolah dan Minum Tablet Tambah Darah Bagi Remaja Putri.


Kegiatan berlangsung di SMPN 5 Padang Panjang, Jumat (11/11/2022) yang dibuka Ketua TP-PKK Kota, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP, dihadiri Kepala Dinkes, dr. Faizah bersama tim, Kepala SMPN 5, Milda Guza, S.Kom, majelis guru dan para siswa.


Dokter Dian sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena penting bagi remaja mengetahui makanan bergizi dan baik bagi pertumbuhan mereka. Sekaligus bisa mencegah stunting dari usia remaja serta bisa menghindari anemia bagi remaja putri.


"Dari usia remaja inilah anak-anak kita harus diberitahukan makanan yang bergizi dan makanan yang sehat yang saat ini dikenal dengan "Isi Piringku". Di mana "Isi Piringku" ini anak-anak dianjurkan makanan satu piring, sepertiga nasi, sepertiga sayur dan sepertiga lauk pauk, dan buah," kata Dian.


Ditambahkan, terkait kasus stunting. Penting sekali bagi anak-anak yang hadir saat ini untuk mengetahui masalah stunting. Karena informasi terkait stunting ini harus diketahui dari masa remaja terutama anak perempuan.


"Jangan sampai anak-anak di sini diet dari umur segini. Karena ini akan menghambat pertumbuhan. Jadi mulai dari sekarang anak-anak diminta untuk menerapkan pola hidup sehat dan makan sesuai dengan Isi Piringku,'' ujarnya.


Dian berharap ke depan pelajar SMPN bisa mengetahui dan menerapkan aksi bergizi ini di rumah.


Di sela-sela kegiatan, Dian juga memberikan satu tablet penambah darah bagi anak-anak perempuan.


Sementara itu, dr. Faizah menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan guna memberitahukan kepada anak-anak pentingnya makanan bergizi dan tablet tambah darah bagi remaja putri.


Dulu dikenal dengan 4 sehat 5 sempurna namun saat ini dikenal dengan "Isi Piringku". Anak-anak harus mengetahui apa itu isi piringku dari masa remaja ini, karena ini bisa mencegah terjadinya stunting dari usia remaja.


"Ke depan khusus untuk kegiatan tablet penambah darah bagi remaja putri, kami akan melakukannya seminggu sekali di setiap sekolah. Agar para remaja rutin setiap minggunya minum tablet ini. Insyaa Allah pada Ahad (13/11) ini, akan digelar Puncak Hari Kesehatan Nasional di Bancalaweh. Untuk masyarakat mari ramaikan, karena ada doorprize," ujarnya.


Dtambahkannya, acara hari ini diinisiasi Persatuan Ahli Gizi (Persagi) bersama Dinkes  guna memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-58. 


Sementara Milda Guza berterima kasih karena telah memilih SMPN 5 untuk menggelar acara ini. Sekolah ini merupakan salah satu utusan untuk sekolah sehat.


"Kami senang dan bangga dengan kegiatan ini, karena anak-anak bisa mengetahui lebih banyak makanan bergizi," ujarnya.


Usai kegiatan launching dilanjutkan dengan senam bersama dan makan bersama dengan menu dari rumah yang sudah dianjurkan sesuai "Isi Piringku". Setelah itu dilanjutkan dengan minum tablet tambah darah bersama, khusus bagi remaja putri.


#GP | DF | Cigus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS