Peserta USR V Unbrah Berikan Pelatihan Marketing Digital kepada 40 UMKM - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Peserta USR V Unbrah Berikan Pelatihan Marketing Digital kepada 40 UMKM

Jumat, Juli 29, 2022


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Sebagai rangkaian kegiatan University Social Responsibility (USR) V, Universitas Baiturrahmah (Unbrah) menggelar pelatihan kepada 40 Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Aula Senja Kenangan (Senken), Jumat (29/07/2022).


Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Disperdakop UKM), Javie Carter Eka Putra, M.T, mengungkapkan, pelatihan yang diberikan peserta USR V Unbrah bertemakan pemanfaatan marketing digital. 


“Salah satunya bagaimana bisa menggunakan media sosial sebagai sarana untuk promosi dan berusaha. Sedangkan dari kita, juga memberikan pengetahuan atau pengawasan untuk UMKM. Kepada peserta USR kita berikan pengenalan lingkungan Senken,” sebut Javie.


Javie menyebutkan, kepada peserta USR pihaknya juga menjelaskan apa itu Rumah Kemasan, Klinik Rumah Usaha, Studio Foto, yang pada dasarnya bisa membantu UMKM untuk membuat foto produk, sehingga produk ini bisa memiliki nilai yang menarik dan bisa mereka gunakan. 


“Pelayanan itu sudah kita berikan info kepada peserta USR, supaya mereka tahu bahwa inilah yang kita lakukan men-support UMKM. Jadi kita tidak melepaskan begitu saja, tetap kita lakukan pendampingan atau pembinaan sesuai pengelolaan yang dilakukan UMKM,” sebutnya.


Para peserta USR, katanya, juga diajak untuk berkunjung ke workshop yang ada di belakang Senken. Di antaranya workshop kulit, kube batik, kube bordir dan sulaman. 


“Mereka juga langsung melihat bagaimana proses pembuatan produk dari perajin yang ada di sini. Bagaimana produknya. Mereka juga melihat UMKM yang sudah kita latih batik, atau sulaman dan bordir yang telah menjadi kerajinan yang bisa dijual sebagai produk unggulan Kota Padang Panjang. Tadi mereka juga mencoba bagaimana proses pembuatan batik,” katanya.


Javie berharap dengan adanya kegiatan ini, semoga dapat menambah pengetahuan peserta USR. Supaya kalau mereka nanti terjun ke masyarakat, mereka siap, lebih mencintai dan mengenali produk sendiri. Sehingga mereka cinta terhadap produk dalam negeri yang dibuat perajin lokal dan bukan produk luar.


Sementara itu peserta USR, Rezki Nedra Pratama, dari Jurusan Kedokteran dan Olva Riyany dari Jurusan Manajemen, menyebutkan, merasa senang dengan adanya kegiatan kunjungan ke Senken Padang Panjang. Bagi mereka, ini adalah ilmu baru yang didapatkan di luar kampus.


“Banyak hal dan ilmu baru yang kita dapat di sini. Baik tentang branding produk dan cara berwirausaha. Semoga ilmu yang telah kami dapatkan ini, dapat kami implementasikan dengan baik untuk menjalani hidup ke depan,” ujarnya.


#GP | DF | Rifki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS