Ustadz Syofyan Hendri S. Pd.I : Ada 9 Keutamaan Hari Raya Idul Fitri. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Ustadz Syofyan Hendri S. Pd.I : Ada 9 Keutamaan Hari Raya Idul Fitri.

Senin, Mei 02, 2022


Dharmasraya (SUMBAR).GP-  Setelah bulan suci ramadhan, momen-momen yang sangat dirindukan umat Islam adalah hari raya lebaran Idul fitri. Berbeda dengan pelaksanaan Sholat Idul Fitri yang hanya sekali setahun.  Rindu sekaligus sedih rasanya berjumpa dengan hari itu. Yah, rindu akan menikmati kebersamaan bersama keluarga, sedih karena telah meninggalkan bulan suci Ramadhan plus wabah yang menghalagi banyak aktivitas kita.

Demikian antara lain disampai Khatib Idul Fitri 1443 Hijriah, Ustadz Syofyan Hendri,S.Pd.I di Masjid Musthautin, Nagari Sungai Rumbai Timur, Kecamatan Sungai Rumbai, Kabupaten Dharmasraya, Senin(2/5).


Dihadapan ratusan jemaah Shalat Idul Fitri itu, Syofyan Hendri yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung itu mengingatkan, hari  raya Idul Fitri, memang bukan perkara yang sering kita lakukan, tentu banyak hal yang mungkin belum kita tau tentang bagaimana hukum sholat idul fitri, hingga apa saja keutamaan yang didapat saat melaksanakan Shalat Idul Fitri ini ? 


Pada kesempatan ini, mungkin ada yang bertanya mengenai keutamaan sholat Idul Fitri yang mungkin belum kita tau dan memiliki kebermanfaatan yang luar biasa ketika kita laksanakan.


Lebih lanjut, Syofyan menjelaskan beberapa keutamaan Shalat Idul Fitri  yang dapat kita petik. Pelajaran yang insya Allah bisa membuat kita lebih bersemangat dan senantiasa menjalankan apa yang Allah perintahkan,  diantaranya adalah; 


Pertama disebut Hari Kemenangan Umat Islam.


Pelaksanaan sholat Idul Fitri adalah salah satu hari kemenangan umat islam atau biasa disebut hari raya (lebaran) yang dilaksanakan oleh seluruh umat islam diseluruh penjuru dunia. Ini adalah salah satu moment dimana kita bisa merasakan betapa kuatnya ukhuwah antara saudara seiman.

Setelah pelaksanaan sholat Idul Fitri, kita bisa merayakan kebersamaan dengan keluarga, saling silaturahmi, dan menebar kebaikan lainnya. Kebersamaan ini adalah moment yang harus kita syukuri, maka dari itu mari kita merayakan hari kemenangan itu dengan kegembiraan.


Kedua, adalah Ajang Saling Memaafkan.


Salah satu yang gemar dilakukan setelah sholat Idul Fitri adalah saling meminta dan memberi maaf. Kita pasti kadang merasa begitu banyak dosa kepada saudara, kerabat keluarga, atau orang yang pernah kita sakiti.

Nah, ini dapat dijadikan sebagai moment untuk meminta maaf kepada dia. Yang mungkin kita sedang mencari moment yang tepat, dimana hatinya bisa lebih terbuka. Coba manfaatkan moment Idul Fitri, semoga saja bisa menjadi ladang kebaikan untukmu.


Ingatt!! Memaafkan atau meminta maaf, bukan hanya kita lakukan pada hari itu. Jangan sampai kita hanya mau saling memaafkan pada saat moment yang tepat, karena ajal tidak ada yang tau dan dosa yang tak dapat diampuni Allah adalah dosa kesesama manusia. Ini hanya peluang yang dapat kamu manfaatkan untuk menjalin relasi kembali.


Ketiga, Menujukkan Kekuatan dan Ukhuwah Islamiah


Karena hukum dasar dari shalat Idul Fitri adalah Sunnah Muakkad atau Fardhu Kifayah, maka ini mengakibatkan ummat terdorong untuk bisa melaksanakannya. Rasanya ketika hari itu tiba, ada dorongan pada jiwa dan hati nurani tentang persaudaraan yang saling mengikat.  


Ukhuwah adalah salah satu pondasi besar umat islam, ketika sudah tidak ada lagi rasa kepedulian terhadap sesama (Individualisme). Tentu, ini dapat membuat kita (umat islam) terombang ambing. Makanya, persatuan umat ini wajib kita pahami dan laksanakan.

Keutamaan sholat idul fitri membuat kita makin dekat satu sama lain, ketika sudah berpuasa sebulan penuh yang membentuk efek ukhuwah pada diri kita. Hal tersebut menandakan bahwa, kita ini umat yang kuat dan besar.

Jika satu bagian tubuh yang sakit, maka bagian tubuh yang lain juga merasakannya. Kita wajib seperti itu, sehingga kelak umat islam bisa kembali berjaya dan mendorong kebangkitannya bersama ummat yang sadar akan ketakwaan.


Keempat, Mengajarkan Tentang Kepedulian.


Sebenarnya, bukan hanya pada sholat Idul Fitri.  Ini juga berlaku pada ibadah lainnya, dimana mengajarkan kita untuk senantiasa peduli terhadap sesama. Karekter atas diri yang selalu simpati dan empati, telah banyak nampak pada bulan Ramadhan. Apa lagi jika selesai melaksanakan sholat Idul Fitri .Luar biasa sumbangan atas apa yang kita berikan. Kita tau bahwa setiap harta kita ada bagian orang yang membutuhkan, dan ketika kita senantiasa menyumbangkan harta dijalanya, Insya Allah reski kita makin diberkahi Allah.

Dibulan yang mulai ini, kita terbiasa berbagi, berinfak dan berzakat yang begitu kental pada diri masyarakat. Disamping hal tersebut, setelah lebaran Idul Fitri, kita harus tetap menunjukan ke istiqomahan dalam menjaga karakter peduli terhadap sesama sebagai bentuk ketakwaan pada Allah.


Kelima, Shalat Berjamaah


Saat shalat Idul Fitri, biasanya kita melaksanakannya dengan berjamaah. Dan kita tau bahwa pelaksanaan sholat secara berjamaah memiliki pahala yang luar biasa dari Allah. Ini hal yang menunjukkan keharusan kita dalam terus mendapatkan kebersamaan dalam shalat.

Mungkin, ada banyak orang yang kita tidak kenal ketika melaksanakan sholat dengan kita. Saking luar biasanya sebuah dorongan ukhuwah dalam diri. Namun, jangan sampai kita hanya semangat dalam melaksanakan sholat setahun sekali.

Pada saat sholat berjamaah, tentu kita tak memandang suku, rupa, kaya, atau miskin dan hal yang bersifat dunia. Karena pada hakikatnya kita semua akan bersujud pada Allah dan mengagungkan namanya. Pelaksanaan sholat berjamaah ini membuat kita untuk senantiasa saling menjaga satu sama lain.


Keenam, Mengagungkan Asma Allah.


Pastilah, ketika kita akan senantiasa mengucapkan asma Allah dengan berulang ulang, baik pada saat takbiratul ikhram, zikir, dan doa padanya. Pastinya ketika kita senantiasa membesarkan namamya, tentu akan mendapat pahala yang besar.

Saat kamu merasa jarang mengagumkan namanya, mungkin sholat Idul Fitri bisa menjadi kesempatan besar untuk kembali kepadanya, mengigat akan kebesarannya dan mengharap ridho darinya.


Ketujuh, Silaturahmi Sesama Muslim.



Sebelumnya kita sudah banyak menyinggung tentang silaturami, tapi tak ada salahnya kita jadikan point utama. Dengan pelaksanaan sholat Idul Fitri, keutamaan lainnya yang bisa kita dapatkan adalah kesempatan untuk saling bersilaturahmi.

Mungkin saja pada bulan-bulan lain, kita tidak punya waktu untuk berkumpul bersama mereka. Namun, karena ada moment lebaran Idul Fitri, inilah yang kita manfaatkan sebagai ajang bercengkrama dengan keluarga, tetangga dan saudara muslim lainnya. 

Moment yang membuat berbagai kalangan muslim untuk keluar dari rumahnya dan menyempatkan diri untuk keluar dan melaksanakan sholat Idul Fitri secara berjamaah.

Maka dari itu, manfaatkan keutamaan idul fitri. Sebab, kita bukan hanya berinteraksi baik kepada pencipta, tapi kita juga harus menjalin hubungan baik antar sesama manusia. 


Kedelapan, Mendengar Nasehat Agama.


Manfaat Sholat Idul Fitri selanjutnya adalah, ketika sehabis sholat aid pasti ada yang memberi khutbah, sehingga ini membuat kita lebih semangat dalam beribadah.

Agama islam adalah solusi atas setiap persoalan yang ada, maka ketika kita punya masalah. Yang bisa menjadi penyelesainya adalah aturan Allah. Makanya, kita wajib untuk selalu mendengar nasehat untuk meningkatkan iman dan takwa kita. 


Kesembilan, Membentuk Rasa Syukur.


Keutamaan sholat Idul Fitri selanjutnya adalah membentuk rasa syukur kita pada Allah. Tentu, kita akan sangat bersyukur telah dipertemukan pada bulan suci Ramadhan, dimana pada bulan tersebut memiliki banyak keistimewaan dan sangat rugi jika kita tidak mendapatinya.

Ketika kita bertemu dengan keluarga dan saling memaafkan satu sama lain, ini juga satu kesyukuran yang luar biasa. Maka dari itu, perbanyaklah bersyukur atas segala macam nikmat yang Allah beri pada kita.


Itulah 9 Keutamaan Sholat Idul Fitri dan sebenarnya masih banyak lagi keutamaan lainnya, semoga dengan berbagai ibadah yang kita laksanakan akan menjadi ladang pahala yang besar, juga membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik untuk taat dan tunduk pada printahnya.


Hadir dalam ratusan jemaah shalat  idul Fitri tersebut Wali Nagari Sungai Rumbai Timur dan Camat Sungai Rumbai yang diimami oleh  Ustadz Faisal Pamuncak.Dan  Menurut Panitia masjid tersebut M.Amin, S.Ag terkumpul infaq sebesar Rp35 juta rupiah.



#GP | Herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS