Peringkat Tetap, Nilai SAKIP & RB Padang Panjang 2021 Bertambah - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Peringkat Tetap, Nilai SAKIP & RB Padang Panjang 2021 Bertambah

Selasa, April 05, 2022


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Reformasi Birokrasi (SAKIP & RB) Kota Padang Panjang pada Tahun 2021 mengalami kenaikan. 


Hal ini terungkap saat penyelenggaraan SAKIP & RB Award 2021 yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) melalui Zoom Meeting, Selasa (05/04/2022), Diikuti Wakil Wali Kota, Drs. Asrul di Ruangan VIP Lantai II Balai Kota.


Kota Padang Panjang berada pada peringkat B untuk SAKIP dan peringkat CC Reformasi Birokrasi, yang mana peringkat tersebut sama dengan tahun 2020 lalu, namun memiliki nilai yang lebih tinggi.


Penghargaan SAKIP & RB 2021 merupakan evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi instansi pemerintah tahun 2021, dengan mengusung semangat “Synergy Together, Change for Better”. 


“Reformasi merupakan kunci utama dalam menjalankan tata kelola pemerintahan yang baik. Guna mengukur perkembangan akuntabilitas kinerja dan reformasi, serta pemupukan, maka Kemenpan RB melaksanakan evaluasi setiap tahunnya,” sebut Deputi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Erwan Agus Purwanto.


Dikatakannya, rata-rata nilai SAKIP & RB tahun 2021 mengalami peningkatan. Untuk SAKIP terdapat 20 instansi yang menaikkan peringkat, untuk RB terdapat 50 pemerintah kabupaten/kota baru yang menyampaikan PMPRB, serta 15 instansi pemerintah dengan kenaikan peringkat. 


“Kami di Deputi akan berupaya maksimal memberikan bimbingan intensif bagi pemerintah daerah yang memiliki komitmen dan kemauan yang kuat serta konsisten dalam melakukan perbaikan,” ujarnya. 


Sementara Sekretaris Kemenpan RB, Rini Widiantini, menyebutkan, evaluasi SAKIP & RB di seluruh pemerintah ini, dilaksanakan dalam rangka membina dan meningkatkan kualitas pelaksanakan reformasi instansi dan akuntabilitas. Seluruh instansi pemerintah untuk dapat mempersahkan kinerja yang tepat sasaran dan hasil yang dicapai. 


“Apresiasi yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada pemerintah provinsi, kabupaten/kota yang telah konsisten melakukan  perbaikan SAKIP & RB dengan predikat AA, A, BB dan B. Kepada pemerintah yang mendapatkan peringkat C dan CC diharapkan kepala dan sekretaris daerah untuk meningkatkan komitmen dan focus pada kinerja yang memberikan manfaat dan dampak siginifikan kepada masyarakat,” tuturnya. 


Ikut hadir pada acara ini Sekretaris Daerah Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Nofi Yanti, S.STP, M.M, Asisten I, Syahdanur, S.H, Asisten II, Iriansyah Tanjung, S.E, M.Si Asisten III, Martoni, S.Sos, M.Si, Kabag Organisasi, Yohana Lisa, S.TP, M.Si serta kepala OPD.


#GP | DF | Shintia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS