Dibuka Wawako Asrul, 65 Guru PAUD Ikuti Diklat dan Uji Kompetensi - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Dibuka Wawako Asrul, 65 Guru PAUD Ikuti Diklat dan Uji Kompetensi

Kamis, Maret 24, 2022


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Pemko Melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), bekerja sama dengan Universitas Negeri Padang (UNP) kembali menggelar Diklat dan Uji Kompetensi untuk guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kegiatan ini dilaksanakan untuk ketiga kalinya sejak penandatangan MoU pada 2018 silam. 


Diklat Dibuka Wakil Wali Kota, Drs. Asrul di Aula UNP Belakang Balok, Kota Bukittinggi, Kamis (24/03/2022), diikuti 65 pendidik PAUD. Terdiri dari 18 pendidik baru dan 47 pendidik lama yang diberi kesempatan memperbaiki klasifikasinya.


Peserta bakal mendapat sertifikat diklat dan uji kompetensi. Ini nantinya akan menjadi dasar pemberian insentif pendidik PAUD berdasarkan klasifikasi PAUD menjadi klasifikasi A, B, C. 


Wawako Asrul mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, kinerja guru PAUD akan mencerminkan kualitas proses dan hasil kerja dalam memberikan layanan pendidikan anak usia dini. 


"Dengan demikian, kinerja profesi guru dalam melaksanakan layanan PAUD akan berdampak pada kualitas proses dan hasil tumbuh kembang anak usia dini, khususnya dalam pembentukan karakter," katanya.


Mewujudkan profesionalitas dan meningkatkan kinerja guru PAUD di Kota Padang Panjang, lanjut Asrul, Pemko melakukan pembinaan dan pengawasan melalui berbagai kegiatan, sehingga tujuan utama untuk mencapai kualitas terbaik, lembaga pendidikan yang berkompeten serta tenaga pendidik yang profesional bisa dilahirkan.


"Kami mengucapkan terima kasih atas kesediaan UNP bekerja sama dengan Pemerintah Kota Padang Panjang untuk bersama-sama menggapai niat baik ini. Kami berharap diklat dan uji kompetensi ini bisa menjadi sebuah model dan benar-benar menjawab kebutuhan lembaga pendidikan usia dini yang profesional dan berkompeten, " ungkap Asrul.


Kepada peserta diklat, Asrul meminta mengikuti sebaik mungkin. "Gali dan memahami setiap materi yang disampaikan narasumber. Sedapat mungkin apa yang diperoleh selama diklat ini bisa diterapkan nantinya di tempat-tempat mengajar masing-masing. Semoga keseriusan dan kesungguhan dari peserta, menghasilkan kualifikasi tertinggi dalam mengikuti kompetensi nanti," katanya.


Kepala Disdikbud, Drs. M. Ali Tabrani, M.Pd menuturkan, tahun ini kegiatan diklatnya sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Dilaksanakan dengan model in-on-in. In1 (kegiatan diklat selama 3 hari), on (tugas mandiri selama 2 x 15 hari), dan in2 (penguatan dan uji kompetensi selama 2 hari).


"Model in-on-in ini diharapkan memberikan dampak yang besar terhadap peningkatan kompetensi pendidik PAUD. Menjadikan pendidik PAUD menjadi pendidik profesional dalam mewujudkan layanan PAUD berkualitas di Kota Padang Panjang," tuturnya. 


#GP | DF | Haris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS