Gapoktan Sarilamak laksanakan Sekolah Lapangan Pertanian. - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Gapoktan Sarilamak laksanakan Sekolah Lapangan Pertanian.

Kamis, Januari 06, 2022


Sarilamak(SUMBAR) GP. Gabungan Kelompok Tani  (Gapoktan) Kenegarian Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten  50 Kota,  kini tengah giat melaksanakan  Sekolah Lapangan ( SL)   Pertanian .

Kegiatan SL pertanian tersebut langsung diawasi oleh Dinas Pertanian Kabupaten 50 Kota, kata Ketua Gapoktan Sarilamak Lili,  ketika dihubungi Wartawan GP, Kamis 6-1-22 di Cafe Natural Taratak. 


Lili didampingi pengurus lainnya Hj.Her menjelaskan,  pada  Rabu 29 Desember 2021, baru saja menyelesaikan SK dengan materi  cara membuat pupuk kompos dari jerami. 


Kegiatan tersebut hari itu, diikuti  sekitar 20 orang, yang  merupakan perwakilan 10 kelompok tani yang ada di daerah ini.


 "Banyak sekali manfaat pupuk kompos dari jerami ini" kata lily, ketika ditanya tentang manfaat pupuk kompos jerami ini. 


Di sebutkan Lili, selama ini jerami padi ini dibakar atau dibuang secara percuma oleh para petani. Tapi kini begitu diketahui manfaatnya,  banyak petani yang antusias,  malah ada yang ingin membeli jerami dari sawah tetangganya. 


Diungkap Lili  manfaat pupuk kompos jerami ini,  mampu meningkatkan hasil produksi pertanian, tidak hanya disektor padi saja,  tapi juga mampu mengangkat hasil produksi disektor komoditas lainnya. 


Cukup menggembirakan pupuk kompos jerami ini dijual kepada kelompok tani tetanngga sebagai unit usaha bagi suatu kelompok tani,  


"Dalam waktu dekat ini,  pengurus Gapoktan Sarilamak akan mengadakan SL tentang tata cara pembibitan,"jelas Lili mengakhiri. 


#GP | Novi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS