Dosen Polman Babel Serah Terima Mesin Pengolah Sabut Kelapa, dengan Keberhasilan Luar biasa - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Halaman

Dosen Polman Babel Serah Terima Mesin Pengolah Sabut Kelapa, dengan Keberhasilan Luar biasa

Senin, September 20, 2021

Sungailiat(BABEL).GP - Tepat pada hari ini, Senin (20/09/21), Tim dosen Polman Babel, Sugiyarto, M.T. beserta Sukanto.,M.T. menyerahkan mesin kepada Karyadi yang disaksikan langsung oleh Ketua P3KM DR. Parulian Silalahi, M.Pd. di Desa Rebo, Lingkungan Limbang Jaya, Kecamatan Sungailia - Kabupaten Bangka


Saat dijumpai media goparlement Sugiyarto.,M.T mengungkapkan kegiatan PKM ini bertujuan untuk meningkatkan penghasilan masyarakat khususnya Ibu-ibu rumah tangga, adapun program yang dilakukan ialah Pengolahan sabut kelapa menjadi pot dan cocopat,"Ungkapnya.


Dalam hal ini, Desa Rebo memiliki banyak sekali tanaman pohon kelapa milik masyarakat sekitar, Selama ini masyarakat di Desa tersebut belum memiliki pemahaman mengenai pemanfaatan limbah sabut kelapa yang notabene bisa dijadikan sebuah barang yang memiliki nilai jual,"imbuhnya.


Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan metode teknik penyuluhan dan pelatihan, Teknik penyuluhan dalam kegiatan ini merupakan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat tentang pemanfaatan sabut kelapa sebagai barang yang memiliki nilai jual.


Dengan demikian masyarakat memiliki pemahaman tentang pemanfaatan dan pendayagunaan limbah tersebut, setelah melakukan penyuluhan selanjutnya 

dilakukan kegiatan pelatihan yang bertujuan untuk melatih keterampilan ibu-ibu rumah tangga dalam membuat kaligrafi dari sabut kelapa,"jelasnya.


Hasil dari kegiatan ini ialah Masyarakat memiliki kemampuan untuk membuat produk dari bahan limbah secara mandiri, Membuka lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat terutama ibu-ibu rumah tangga, dan Menambah penghasilan masyarakat dari hasil penjualan produk kaligrafi sabut kelapa,"Tegas Sugiyarto.

 

Saat ditemui, Karyadi pemilik usaha ini mengatakan ada permasalahan produksi selama ini, dalam hal proses produksi mempunyai kendala pada proses pengurai sabut kelapa dan pengambilan Cocopeat, saat ini masih secara manual dengan cara di pukul sampai hancur lalu direndam dengan air. "jelasnya.


"Kami ucapkan terimakasih banyak kepada pihak Dosen Polman Babel, yang telah memberikan mesin ini dengan cuma-cuma tanpa membeli apapun,"Tutupnya. 


#GP | HDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Wisata Wahana Pemandian COMAY

Telah hadir Objek Wisata Keluarga Wahana Pemandian COMAY Berlokasi di Pintu Masuk Gerbanag Kota Padang Panjang (Sebelah Kiri Dari Arah Padang Menuju Bukittinggi - Sumatera Barat) , Tempatnya di Jembatan Kembar. Mulai Beroperasi Senin 2 Mei 2022. Selain Tempat Pemandian Keluarga, Wisata COMAY juga menyediakan fasilitas Penginapan, Copy Shop. Restoran Dengan Berbagai Aneka Kuliner. Wisata Keluarga COMAY Menyediakan Lahan Parkir Yang Luas, Aman, Nyaman Dan Profesional. Cukup Hanya Dengan Membayar Jasa Parkir Saja Keluarga Anda Bisa Menikmati Wahana Pemandian Sepuasnya. Mari...!!!!! Manjakan Keluarga Anda di Objek Wisata Keluarga Wahana Pemandian COMAY. Untuk Pemesanan Tempat Penginapan Silahkan Hubungi Contak Telpon Genggam 0823 8928 7745. Tertanda Rahmat Harahap (Owner)

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS