Di PPT, 94 Homestay dan Rumah Warga Disiapkan untuk Kafilah MTQ - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Di PPT, 94 Homestay dan Rumah Warga Disiapkan untuk Kafilah MTQ

Kamis, September 09, 2021

Padang Panjang(SUMBAR).GP- Setelah dilakukan Survei yang berlangsung empat hari dari Agustus hingga awal September kemarin, Tim Panitia Kota memperoleh data sebanyak 94 homestay dan rumah warga yang akan dijadikan sebagai tempat menginap dari para kafilah.


“Dari 94 homestay dan rumah warga tersebut, terdapat 254 kamar di dalamnya dengan jumlah kapasitas kafilah yang bisa ditampung sebanyak 1.054 orang,” ungkap Staf Ahli Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan, Zulkifli, SH, saat dikonfirmasi, Kamis (09/09/2021).


Menurut Zulkifli, data ini mengalami penambahan setelah dilakukan survei ke lapangan. Sebelumnya data dari kelurahan yang ada di Padang Panjang Timur (PPT) mengatakan hanya bisa menampung sebanyak 587 orang.


“Hal ini dikarenakan masih ada tiga kelurahan yang belum memberikan data secara rinci. Setelah dilakukan survei ke lapangan makanya jumlahnya menjadi 1.054 orang,” ujarnya.


Lebih lanjut, Zulkifli mengungkapkan, dari kenyataan di lapangan pihaknya menemukan beberapa hal. Di antaranya dari data yang diusulkan kelurahan itu sebagian memang ada yang layak untuk ditempati sebagai pemondokan kafilah dan ada pula yang tidak.


“Hal ini akan menjadi pertimbangan bagi kita nantinya untuk menetapkan rumah-rumah penduduk yang akan dijadikan tempat penginapan dari para kafilah,” ucapnya.


Namun demikian, terkait dengan ketersediaan rumah, Zulkifli mengatakan, pihaknya optimis akan terpenuhi dari jumlah yang akan ditempatkan di masing-masing kelurahan tersebut. Dari survei yang dilakukan, ia melihat delapan kelurahan yang ada di PPT pada prinsipnya sudah siap untuk menerima kedatangan dari para kafilah.


“Dari kondisi lapangan yang didapat ini, kami akan menyesuaikannya dengan data yang ada dari masing-masing kabupaten/kota. Sehingga untuk kontingen yang mungkin jumlahnya kurang dari 100, akan kita tempatkan pada kelurahan yang jumlah datanya mendekati 100. Begitu pula sebaliknya,” tuturnya.


Menanggapi hal tersebut, Camat PPT, Doni Rahman, S. Pd. I Datuak Simarajo menyambut baik penggunaan homestay dan rumah warga untuk dijadikan sebagai tempat penginapan dari para kafilah.


“Alhamdulillah begitu besar harapan masyarakat ketika mendengar kabar bahwasanya rumahnya akan dijadikan sebagai tempat penginapan para peserta lomba MTQ ke-39 ini. Masyarakat pun siap untuk menyempurnakan rumahnya dan memberikan pelayanan yang baik kepada para kafilah yang datang, sehingga mereka nyaman tinggal dan memiliki kesan tersendiri ketika telah kembali pulang ke kampung halaman,” ungkap Doni.


Doni menilai, penggunaan rumah warga ini juga dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat dalam masa pandemi Covid-19. 


#GP | DF | Rifki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS