Terintegrasi dengan Perpustakaan, Data BPS Dapat Diakses di Pojok Statistik - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Terintegrasi dengan Perpustakaan, Data BPS Dapat Diakses di Pojok Statistik

Kamis, Mei 27, 2021


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Diresmikannya Pojok Statistik di Perputakaan Kota Padang Panjang oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) RI, Dr. Suhariyanto bersama Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Panduko Malano, Rabu (26/05/2021), menjadikan Padang Panjang sebagai kota pertama yang mempunyai Pojok Statistik di Indonesia.

Pojok Statistik berada didalam, sisi kanan Gedung Perpustakaan, pojok bernuansa biru Dikelola Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK), terdapat buku-buku data yang dirilis BPS berjejer tersusun rapi. Lengkap semua, data apa saja. Tak hanya dalam bentuk hard copy juga soft copy, Sudah didigitalisasi.


Kepala BPS Kota Padang Panjang, Arius Jonnaidi, SE, ME menjelaskan, Pojok Statistik ini merupakan suatu ruangan di Perpustakaan Daerah yang dimanfaatkan untuk melayani masyarakat dalam mengakses data BPS, baik itu data tercetak, maupun data digital. Di samping itu juga untuk literasi kepada masyarakat.


Secara teknis masyarakat mendapatkan data dari Pojok Statistik tersebut, katanya, terintegrasi dengan sistem pelayanan perpustakaan. 


“Para pengunjung yang sudah menjadi anggota perpustakaan maupun tidak, yang ingin mendapatkan pelayanan dari Pojok Statistik harus mendaftar dahulu ke petugas yang ada di perpustakaan. Setelah itu baru mendapatkan pelayanan secara gratis,” tuturnya.


Lebih lanjut dia mengatakan, di Pojok Statistik, masyarakat dapat mengakses seluruh data tercetak maupun digital dengan lengkap. Mulai dari data mengenai pertanian, industri, perdagangan, hotel restoran dan lain sebagainya.


“Data yang disajikan di Pojok Statistik ini jangkauannya bukan hanya Padang Panjang saja. Cakupannya nasional. Mulai dari provinsi, kabupaten/kota se-Indonesia bisa diakses di sini,” sebutnya.


Dengan beroperasinya Pojok Statistik di Kota Padang Panjang, Arius berharap, bisa dipergunakan dengan baik, agar masyarakat bisa mendapatkan data secara mudah dan cepat. Juga bisa dimanfaatkan untuk memperdalam pengetahuan dan informasi tentang apa itu data statistik. 


#GP | DF | Dega

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU





Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS