Memasuki Masa Tanam Padi, Danramil 10/Woyla Barat Ajak Petani Manfaatkan Jarwo - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Memasuki Masa Tanam Padi, Danramil 10/Woyla Barat Ajak Petani Manfaatkan Jarwo

Senin, Mei 31, 2021

 


Aceh Barat(ACEH).GP- Bintara Pembina Desa Koramil 10/Woyla Barat Kodim 0105/Abar Sertu lswadi membantu Petani mencabut benih padi yang akan ditanam di Sawah milik Ibu Siti Mariam Ningsih (43) yang terletak di Desa Kulam Kaju Kecamatan Woyla Barat, Senin (31/5/2021)

 

Sambil mencabut bibit benih padi, Sertu lswadi bercengkerama dengan mengatakan akan selalu siap membantu Petani kapanpun saat dibutuhkan.

 

"Kami (Babinsa) selalu siap dan akan terus membantu petani mulai pengolahan tanah, masa tanam hingga panen. Hal ini dilakukan sebagai wujud nyata TNI dalam mewujudkan swasembada pangan dan target pencapaian Serapan Gabah petani (Sergab) dapat terealisasi terutama diwilayah Kecamatan Woyla Barat", ujarnya

 

Saat ini, Babinsa adalah sebagai motor penggerak dalam mensukseskan swasembada pangan,  selalu memberikan dorongan baik tenaga maupun pengetahuan kepada petani agar mereka bisa mengolah lahan pertaniannya dengan baik sehingga dapat meningkatkan hasil produksi pangannya.

 

Lokasi pembibitan padi milik Ibu Siti Mariam Ningsing tidak jauh dari lahan sawahnya. Babinsa membantu agar cepat selesai dan bisa segera ditanam di sawah miliknya dengan luas lahan ± 1 Ha.

 

"Sambil kerja sekalian kita saling bertukar pengetahuan tentang cara menyiapkan benih seperti bagaimana caranya mencabut bibit agar akarnya tidak putus dan tidak mudah layu sebelum ditanam", tambah Sertu lswadi

 

Sertu lswadi tak lupa menyampaikan pesan Danramil Kapten lnf Herinizal, yakni menghimbau dan menganjurkan para Petani agar menerapkan sisitim Jarwo (Jajar Legowo) dan pengukur pada saat melakukan penanaman.

 

"Saat menanam padi petani sebaiknya menggunakan pengukur dengan sistim jajar legowo (Jarwo), karena dengan jarwo perawatan padi akan lebih mudah serta perkembangannya pun lebih baik dan hasilnya akan memuaskan. Selain itu, tanaman akan lebih nampak rapi dan teratur. Disamping itu semua, Danramil juga berharap kepada para Petani agar lebih banyak menggunakan pupuk organi yang steril dari zat kimia ", ungkapnya mengutip pesan Danramil

 

Kinerja Babinsa dan petani dalam mengembangkan sektor pertanian sangat solid. Hal ini memang harus dikembangkan, sehingga petani betul - betul sejahtera dan semakin bersinergitas dengan TNI.

 

Ibu Siti Mariam Ningsih yang mendapatkan pendampingan mengucapkan terima kasih kepada Sertu lswadi, karena telah membantunya mencabut dan menyiapkan benih padi dilahan miliknya.


"Terima kasih kepada bapak Babinsa yang telah menyumbangkan tenaga dan pikirannya untuk membantu kami, yang mana kehadiran Babinsa selalu memberikan semangat dan motivasi bagi kami apalagi dimasa paceklik akibat pandemi ini", ujar Ibu Siti Mariam Ningsih.

 

#GP | Red

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS