Wako Fadly mengesahkan Silaing Bawah Jadi Rintisan Kelurahan Sadar Kerukunan - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Wako Fadly mengesahkan Silaing Bawah Jadi Rintisan Kelurahan Sadar Kerukunan

Jumat, April 09, 2021


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Walikota Padang Panjang mengesahkan Silaing Bawah resmi menjadi Rintisan Kelurahan Sadar Kerukunan (RKSK) pertama yang diinisiasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Padang Panjang, di Aula Kantor Lurah Silaing Bawah, Kamis (08/04/2021).

“Kerukunan antar agama, kerukunan antar suku tentu harus menjadi citra di tengah masyarakat. Menjaga kerukunan adalah esensi yang paling melekat sebagai umat beragama,” sebut Walikota.


Wako Fadly menyebutkan, semangat keberagaman, semangat kebersamaan yang tercantum di dalam Bhineka Tunggal Ika, sebagai penduduk yang baik itu harus menjadi prioritas dalam kehidupan bermasyarakat.


Benturan antar masyarakat akan menjadi permasalahan yang besar bagi bangsa dan menjadi distraksi yang sangat luar biasa terhadap perekonomian. Itu makanya kontribusi sebagai warga negara dan anak bangsa sangatlah penting.


“Kita harus berani mengatakan Padang Panjang rukun, masyarakat Padang Panjang adalah masyarakat yang toleran, masyarakat yang majemuk, masyarakat yang betul-betul menghargai eksistensi ke setiap lapisan masyarakat,” tegasnya.


Sementara itu, Kakan Kementerian Agama (Kemenag), H. Gusman Piliang, MM menyampaikan, pencanangan RKSK dalam rangka memberikan motivasi dan sekaligus role model bagaimana hidup rukun di tengah masyarakat.


“Ini dilakukan untuk mengantisipasi potensi-potensi yang menimbulkan retaknya kerukunan umat beragama sesuai dengan tri kerukunan umat beragama di Indonesia, baik itu internal beragama, antar umat beragama, maupun umut beragama dengan pemerintah,” ucapnya.


Selanjutnya, Gusman mengatakan, RKSK di Silaing Bawah sudah memenuhi kriteria dan indikator dari sebuah kelurahan yang rukun. Pertama, masyarakatnya plurarisme, ada rumah ibadah dan peranan pemerintah dalam hal ini kelurahan untuk menciptakan kerukunan.


Dengan adanya kegiatan ini, katanya, semoga bisa menjadi contoh sesuai harapan kita semua, kerukunan umat beragama, kerukunan bermasyarakat, sehingga tidak terjadi konflik apapun dan membawa dampak positif bagi pembangunan daerah.


Kegiatan diisi dengan pembacaan deklarasi RKSK oleh Ketua FKUB, H. Sehabuddin, SH, M. Pd yang juga dihadiri, Kasat Binmas Polres Padang Panjang, AKP Irma Yolanda, S. Sos, kepala BPBD Kesbangpol, camat, lurah, LPM, FKPM, RT, Karang Taruna, dan perwalikan umat muslim, Kristen Katolik, Kristen Protestan.


#GP | DF | Dega

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU





Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS