Pasiter Wakili Dandim Aceh Barat Hadiri Peringatan Nuzulul Qur'an Di Masjid Agung - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

adnow

loading...


Pasiter Wakili Dandim Aceh Barat Hadiri Peringatan Nuzulul Qur'an Di Masjid Agung

Kamis, April 29, 2021


Aceh Barat(ACEH).GP- Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama Komponen Masyarakat silaturrahmi dalam acara peringatan Nuzulul Qur'an 1442 Hijriah/2021 Masehi bertepatan dengan 17 Ramadhan yang digelar di Masjid Agung Baitul Makmur Jalan lmam Bonjol Desa Drien Rampak Kecamatan Johan Pahlawan, Kamis (29/4/2021)

 

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati H. Ramli MS, Wakil Bupati DRS. Banta Puteh Syam, S.H, M.M., Danrem 012/TU diwakili Kasi Pers Mayor Arm Kiki Hardian, Dandim 0105/Abar diwakili Pasi Teritorial Lettu lnf Khaerul Zein, S.H, Wakapolres Kompol Adi Sofyan, S.H, M.H, Kajari Firdaus, S.H, M.H, M.M, M.l.Kom, Kadis Syariat lslam Muhammad lsa, S.E, Ketua MPU Tgk. H. Abdul Rani Adian yang sekaligus sebagai penceramah, Ketua MAA Syahiddin, Ketua Baitul Mall Tgk. Bachtiar, Para Kepala Dinas/Badan dan Kantor, Para Camat se Kabupaten Aceh Barat serta ± 200 masyarakat yang hadir dengan menetapkan protokol kesehatan.

 

Nuzulul Qur'an secara harfiah berarti turunnya Al - Qur'an yang merujuk kepada peristiwa penting penurunan "Al - Qur'an" secara keseluruhan dari lauhulmahfuz ke Baitul izzah di langit dunia.

 

Seperti yang di utarakan oleh Tgk. H. Abdul Rani Adian, dalam tausyiahnya memaparkan bahwa Nuzulul Qur'an adalah proses turunnya ayat Al - Qur'an dalam menyempurnakan ajaran lslam sebagai petunjuk atau pedoman bagi umat lslam.

 

"Ada dua tahapan diturunkannya Al - Qur'an yakni lauhulmahfuz ke langit dunia dalam kitab yang utuh. Pada tahap ini Al - Qur'an diturunkan tepat pada malam lailatul qadar. Kemudian yang kedua Al - Qur'an diturunkan secara bertahap atau berangsur - angsur kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril sesuai dengan peristiwa - peristiwa dalam uangka waktu 22 tahun 2 bulan dan 22 hari", terang Tgk. Abdul Rani

 

Nuzul Qur'an merupakan fase kedua pada Bulan Suci Ramadhan. Di lndonesia sendiri diperingati setiap 17 Ranadhan.

 

Sementara Bupati Aceh Barat H. Ramli MS, mengungkapkan Al - Qur'an adalah Kitab Suci sebagai petunjuk bagi umat lslam.

 

"Nuzulul Qur'an tidak hanya cukup diperingati akan tetapi kita juga harus memperbanyak membaca Kitab tersebut. Sebagai Pemimpin di Aceh Barat, saya mengaplikasikan kandungan yang tercantum dalam Al - Qur'an dengan berusaha menjadi seorang Pemimpin yang amanah, jujur dan bijak sana", tegas Bupati Ramli

 

Dalam kesempatan ini, Bupati Ramli mengajak seluruh umat muslim khususnya yang ada di Aceh Barat untuk bersama - sama berdo'a agar kita semua terhindar dari segala mara bahaya terutama ancaman Virus  Covid - 19.

 

"Melalui semangat Nuzulul Qur'an mari kita tingkatkan amal shaleh dengan memperbanyak ibadah serta mematuhi Protokol Kesehatan guna menjaga keselamatan diri, keluarga maupun kerabat lainnya", pungkas Bupati.

#GP | Red

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS