Babinsa Koramil 04/Meureubo Bantu Warga Membuat Minyak Kelapa (Kopra) - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

loading...


Jumat, Maret 12, 2021

Babinsa Koramil 04/Meureubo Bantu Warga Membuat Minyak Kelapa (Kopra)

 


Aceh Barat - Peran Babinsa tidak hanya bertugas mengayomi, membina serta menjaga keamanan dan ketentraman warga binaannya agar tidak terusik, namun lebih dari pada itu. Babinsa juga memiliki peranan penting dalam mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya, apalagi ditengah pandemi Corona. Hal ini dibuktikan oleh Babinsa Koramil 04/Meureubo Kodim 0105/Abar Serka Hermansyah yang acap kali membantu proses pembuatan kopra industri rumah tangga milik Bapak Sulaiman (51) warga Paya Peunaga Kecamatan Meureubo, Jum'at (12/3/202)

 

Babinsa adalah cerminnya Angkatan Darat, jika berbicara Babinsa maka berbicara TNl yang dibangun dalam satu system yang terkendali. Sebagai seorang aparat teritorial, memang tidak dapat dipungkiri lagi jika Babinsa memiliki sebuah tanggung jawab besar dipundaknya. Salah satunya harus dapat mengentaskan atau mengatasi kesulitan warga binaannya dalam situasi maupun kondisi apapun.

 

Seperti halnya yang dilakukan oleh Serka Hermansyah, guna menopang ekonomi ditengah pandemi Corona, la rela membantu Bapak Sulaiman dalam proses membuat minyak kelapa (Kopra) yang merupakan salah satu mata pencahariannya agar bisa memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

 

"Kopra merupakan daging buah kelapa yang dikeringkan setelah dicungkil dari tempurungnya. Kopra merupakan salah satu produk turunan kelapa yang sangat penting, karena sebagai bahan baku pembuatan minyak kelapa. Namun kelapa yang dipergunakan tidaklah sembarangan harus berumur sekitar 300 hari dan memiliki berat kisaran 3 kg. Untuk di Aceh Barat, bahan pokoknya sangat mudah di dapat karena ditunjang dengan banyaknya pohon kelapa yang di tanam masyarakat. Seperti kelapa ini, semuanya dari sini (Paya Peunaga)", ujar Serka Hermansyah sambil memilah kelapa yang akan dibelah

 

Sambungnya lagi, semua ini la lakukan semata - mata untuk membantu masyarakat dalam pengelolaan usaha - usaha tradisional mereka agar mendapatkan penghasilan tambahan selama pandemi Corona.
 
#GP | Red

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS