Komisi II DPRD Sumbar Tinjau dan Puji RPH Padang Panjang - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Komisi II DPRD Sumbar Tinjau dan Puji RPH Padang Panjang

Jumat, Februari 19, 2021



Padang Panjang(SUMBAR).GP- Komisi II DPRD Provinsi Sumatera Barat memuji operasional Rumah Potong Hewan (RPH) yang mampu menghasilkan daging berkualitas, Demikian disampaikan Ketua Komisi II, Ir. H. Arkadius, MM, MBA Datuak Intan Bano saat memimpin rombongan meninjau RPH, Jumat (19/02/2021).


"Sangat luar biasa RPH Padang Panjang ini bisa menghasilkan daging yang bagus. Namun, ini perlu dikembangkan. Padang Panjang harus bisa berkoordinasi dengan daerah tetangga agar ketersediaan sapinya mencukupi," katanya.


Sama diketahui, sebutnya, di berbagai daerah sudah terkenal daging Padang Panjang yang akan dicari masyarakat.


"Kenapa ini bisa terjadi? Karena Padang Panjang sudah miliki brand. Mulai dari proses pemotongan sapi pada pukul 3 subuh, pengulitan dan sebagainya kondisi suhu Padang Panjang saat itu dingin sehingga dagingnya tidak keras," jelasnya.


Dari info yang didapatnya, tambah Arkadius, sapinya juga sudah tidak stres karena sudah diberikan ketenangan, diperiksa sebelum disembelih. Ditambah lagi proses pemotongannya sudah mengikuti kaidah syariah.


Ditambahkannya, Komisi II memantau sekaligus melihat apa saja kebutuhan RPH. “Ke depan akan kita support dan mudah-mudahan ini bisa berjalan dengan baik,” ucapnya.


Walikota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano memaparkan, Padang Panjang memang sudah terkenal dengan dagingnya. Dan sudah mulai membenahi RPH sedikit demi sedikit


"Kita butuh support untuk mengembangkan RPH ini agar lebih besar lagi. Kita menyadari saat ini di Padang Panjang untuk sapinya belum mencukupi. Ke depan akan mencoba koordinasi dengan Kabupaten Tanah Datar," kata Fadly.


Tidak tertutup kemungkinan jika nanti Padang Panjang bisa membuat centra daging, tambah Fadly, namun itu sangat dibutuhkan support dan bantuan dari Komisi II DPRD Prov Sumbar.


Sementara, Kadis Pangan dan Pertanian, Ade Nafrita Anas, S. P, M. Si menjelaskan, RPH Padang Panjang sudah memiliki sertifikat halal. Sehingga produk daging yang dihasilkan juga baik untuk dikonsumsi.


“Semoga dengan kunjungan ini, semua program-program yang telah kita laksanakan, mendapatkan support dari DPRD Sumbar," katanya.


#GP | DF | GUS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU





Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS