Sosialisasi E-Learning Madrasah di MTsN 2 Sijunjung - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Kamis, 28 Januari 2021

Sosialisasi E-Learning Madrasah di MTsN 2 Sijunjung

 


 

Sijunjung(SUMBAR).GP- Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Sijunjung, Hj.Ilma Zikro, S.Ag menyatakan, Madrasah yang dipimpinnya siap menerapkan aplikasi e-learning madrasah  yang saat ini diluncurkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. 

Hal itu diungkapkan, ILMA Zikro saat membuka kegiatan workshop  dan sosialiasi  pengunakan  E-Learning madrasah dihadapan  20  guru MTsN 2 Sijunjung di Padang Sibusuk , Rabu  (28/01) 


Lebih lanjut, Hj.Ilma Zikro, S.Ag menyampaikan,  bahwa tujuan workshop ini agar peserta mampu da  memahami  serta  mempraktekkan penginputan data-data pada aplikasi E-learning Madrasah, yang akhirnya  guru mampu menginplementasikannya kepada siswa.


Kepala MTsN 2 Sijunjung ini,  mengharapkan dan menegaskan  agar guru terus bisa berinovasi dalam bidang teknologi dan informasi. 


"Semua peserta workshop agar  mengikuti kegiatan  dengan sebaik baiknya, walaupun  kegiatan ini dari kita dan untuk kita menuju madrasah hebat madrasah bermartabat," tegasnya.


Menurut  ILMA , yang bertindak sebagai Nara sumber dalam E-learning madrasah ini adalah Rosy Susanti dan Febri yang nota benenya  guru dan operator MTsN 2 Sijunjung ini juga.


Baik Rosy Susanti maupun Febri sebagai pemateri mengungkapkan, untuk membuka elearning madrasah, guru-guru harus masuk dengan username dan password yang sudah diberikan oleh operator sekolah sebelumnya.


Dari pengamatan media, saat kegiatan berlangsung guru-guru terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan,  semua guru membawa laptop dan perangkat pembelajaran yang dibutuhkan dalam workshop ini. 


Menurut Nara sumber, kegiatan workshop sehari ini hanya bisa fokus memperkenalkan apa itu E-learning madrasah.  E-learning madrasah  merupakan suatu system atau konsep pendidikan  yang dilakukan dengan menggunakan media elektronik  dan jaringannya sebagai sarana untuk bertukar informasi dalam mendukung proses pembelajaran.


Dengan adanya E-Learning madrasah ini, guru-guru madrasah mendapatkan beragam fitur yang mampu memudahkan guru dalam menginput data pembelajaran, dan mendapatkan informasi dengan cepat. 


"Karena dengan E-learning ini ketersedian fasilitas yang memadai dan juga administrator yang mampu menyimpan data pembelajaran, sehingga memudahkan guru dalam menyusun dan menyimpan data secara administrasi," ujar Nara sumber.


Aplikasi E-learning Madrasah memiliki fitur-fitur yang bermanfaat untuk proses pembelajaran. Terpenting sekarang peserta mengerti cara dan fungsi masing-masing fitur e-learning madarasah.


"Dengan aplikasi E-learning madrasah dapat diimplementasikan kepada siswa/i sehingga pembelajaran lebih  terstruktur, menarik dan interaktif  di MTsN 2 Sijunjung," jelas Narasumber.


#GP | E2S


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS