Perumda Air Minum Kota Padang Dapat Penghargaan Bergengsi Tingkat Nasional - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Selasa, 05 Januari 2021

Perumda Air Minum Kota Padang Dapat Penghargaan Bergengsi Tingkat Nasional

 
Padang(SUMBAR).GP- Perumda Air Minum Kota Padang mendapatkan 3 (tiga) penghargaan bergengsi tingkat nasional sekaligus. Penghargaan ini diterima langsung oleh Dirut Perumda, Hendra Pebrizal, (22/12) di Dian Ballroom, Raffles Hotel, Jakarta.

Ketiga penghargaan itu adalah, Top Digital Implementation 2020 on Infrastruktur Sektor yang diberikan kepada Perumda AM Kota Padang. Kemudian Top Leader in Digital Implementation 2020 untuk Dirut Perumda, Hendra Pebrizal dan Top CIO on Digital Implementation 2020 kepada Direktur Teknik, Andri Satria.

Top Digital Awarda 2020 dimulai bulan Oktober 2020 hingga awal Desember 2020. Tahapannya meliputi, pertama, Riset oleh Tim Riset MSI Groul dan Dewan Juri untuk menyeleksi ratusan calon finalis yang berasal dari Instansi Pemerintah, Lembaga/Badan, dan Korporasi dengan menggunakan sejumlah kriteria penilaian yang ketat.

Dari tahapan ini terpilih finalis yang kemudian dikirimkan surat undangan resmi untuk mengikuti tahapan selanjutnya. Selain tahapan diatas masih banyak lagi tahapan penilaian yang harus dilalui hingha menjadi pemenang.

“Jadi Top Digital Awards ini bukan sekedar ajang awarding semata. Tapi yang lebih penting sebagai pembelajaran bersama terkait pemanfaatan TIK untuk kemajuan bangsa,” ujar Hendra.

Dikatakan Hendra, acara ini diusung oleh Majalah IT Works dengan portal berita itworks.id ini. Seiring dengan Pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia, termasuk di Tanah Air, dan untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal), maka dituntut bagi pelaku bisnis, instansi pemerintah dan lainnya, untuk dapat memanfaatkan dan mengembangkan TI atau Solusi Digital, untuk mendukung daya saing bisnis, meningkatkan layanan publik dan pembangunan perekonomian nasional ke depannya.

Dalam hal inilah, Perumda Air Minum Kota Padang ikut dalam proses penjurian karena saat ini Perumda Air Minum Kota Padang telah ikut bertransformasi digital dalam memberikan berbagai bentuk pelayanan kepada pelanggan setianya.

Transformasi Digital di Perumda AM Kota Padang telah diterapkan yang dimulai dari Strategi Bisnis, Operasional dan Target Perusahaan yang semuanya telah berbasis teknologi yang juga mempermudah pekerjaan dan memanjakan pelanggan dalam masa pandemi seperti sekarang.

Akselerasi Teknologi saat ini sangat membantu perkembang Perumda AM Kota Padang, dimulai dari sistem pembayaran, operasional, pencapaian target perusahaan dan lainnya. Adapun beberapa teknologi digital yang telah dikembangkan oleh Perumda Air Minum Kota Padang, diantaranya adalah Aplikasi MBR, Aplikasi DDOP, Aplikasi STK (Surat Tugas Kerja) Online, Dashboard HMI IPA ZAMP, CIS (Costumer Information System), Smart Grid Water System.

Untuk aplikasi MBR, telah diimplementasikan sejak tahun 2015 silam, yang dikembangkan sendiri oleh tenaga internal Perumda AM Kota Padang. Aplikasi ini bertujuan untuk mempercepat proses pelaksanaan Program Hibah Pemerintah untuk MBR, yang dimulai dari pemdataan calon penerima hibah, seleksi, sampai proses pemasangannya. Manfaat yang didapat dengan adanya aplikasi ini adalah pekerjaan jauh jadi lebih cepat, yang sebelumnya semua administrasi dikerjakan secara manual.

Kemudian aplikasi DDOP diimplementasikan pada tahun 2017 yang juga dikembangkan oleh tenaga internal Perumda AM Kota Padang. Aplikasi ini merupakan aplikasi mobile berbasis android dengan tujuan mempermudah pekerjaan petugas dilapangan. Jika terjadi kendala dilapangan, pelanggan tidak perlu datang ke kantor, cukup menyelesaikannya dilapangan bersama petugas yang dilengkapi dengan alat DDOP tersebut, dan langsung terintegrasi ke sistem melalui online sehingga aktifitas pelanggan tidak terganggu karena semua permasalahan yang ditemui dilapangan telah terselesaikan dan petugaspun tidak kerepotan, karena laporan hasil kinerjanya yang telah tersambung langsung disistem secara online.

Untuk Aplikasi STK (Surat Tugas Kerja) Online telah diimplementasikan pada tahun 2019, dan dikembangkan oleh tenaga internal juga. Aplikasi ini merupakan aplikasi mobile dan web yang berguna untuk pelaksanaan pekerjaan di lapangan. Dengan aplikasi ini dapat diketahui apakah pekerjaan telah dilaksanakan atau belum. Dan bagi petugas, dapat merealisasikannya secara sistem tanpa harus duduk di kantor.

Untuk aplikasi Dashboard HMI IPA ZAMP telah dikembangkan pada tahun 2019 oleh tenaga internal. Aplikasi ini merupakan aplikasi webbase dan desktop. Melalui aplikasi ini petugas dapat memgontrol dan menganalisa proses di IPA dan di lokasi ZAMP (Zona Air Minum Prima) dan langsung terkoneksi ke aplikasi telegram.

Kemudian CIS (Costumer Information System) telah diimplementasikan pada tahun depan yang juga dikembangkan sendiri oleh tenaga internal Perumda. Aplikasi ini berbasis web sebagai tool untuk melayani pelanggan. Melalui aplikasi ini, diharapkan calon pelanggan dapat langsung mendaftarkan diri sebagai pelanggan tanpa harus datang ke kantor, selain itu dalam aplikasi ini juga pelanggan dapat melakukan pembacaan meteran airnya secara mandiri. Aplikasi ini dikembangkan karena mengikuti prokes masa New Normal, yang mengharuskan pembatasan interaksi secara tatap muka.

Kemudian, Smart Grid Water System masih dalam tahap pengembangan oleh tenaga internal. Aplikasi ini berbasis IOT yang merupakan system monitoring distribusi air sampai ke meter pelanggan. Melalui aplikasi ini pelanggan dapat menerima informasi terupdate tentang Perumda AM Kota Padang terkait layanan air. Dengan adanya sistem ini, diharapkan peningkatan pelayanan terhadap pelanggan semakin membaik dan juga tingkat kehilangan air dipipa distribusi terminimalisir.

Selain beberapa pengembangan diatas, saat ini juga pelanggan dapat membayar dan melakukan beberapa transaksi melalui sistem e-commerce, seperti pembayaran tagihan air, pelanggan dapat melakukannya di Gojek, Shopee, Tokopedia, LinkAja dan masih banyak lagi beberapa aplikasi lainnya. Transaksi online pun dapat dilakukan dibeberapa Bank yang telah bekerjasama dengan Perumda AM Kota Padang, diantaranya BNI, Mandiri Syariah, Bank Mega, Bank Nagari, dan Bank- Bank lainnya yang telah bekerjasama dengan Perumda AM Kota Padang. Selain itu, transaksi pembayaran juga dapat dilakukan di PT POS dan Puskud.

“Terimakasih kepada semua pihak dan tentunya pelanggan setia kami, yang telah ikut membangun dan membesarkan Perumda AM Kota Padang ini dalam memberikan pelayanan air minum kepada masyarakat Kota Padang,” ujar Dirut Perumda Air Mimum Kota Padang, Hendra Pebrizal.


#GP | Sumber Humas Kota Padang | Adv | Red




#GP | Sumber Humas Kota Padang | Red

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS