Logo HJK Buah Karya Lulusan SMK - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Adnow

loading...


Logo HJK Buah Karya Lulusan SMK

Rabu, Desember 02, 2020


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Arif Purnomo (21), lulusan SMK jurusan Disain Komunikasi Visual (DKV), akhirnya menjuarai sayembara logo Hari Jadi Kota (HJK) Padang Panjang ke-230. 


Pria asal Jogjakarta itu, tak menyangka karya yang diciptakan lewat program Corel DRAW itu mampu membawa dirinya ke Kota Padang Panjang dan berhak meraih hadiah sebesar Rp 23 juta.


Arif pun menerima piagam penghargaan yang diserahkan Walikota H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano seusai Rapat Paripuna memperingati HJK ke-230 di Gedung DPRD, Selasa, (01/12/2020).


Keikutsertaan Arif mengikuti sayembara, berawal dari informasi di Group WhatsApp Kreator Logo Indonesia, yang mempertemukan sejumlah desainer grafis di Indonesia. Dari situlah Arif mulai mempersiapkan diri. 


Pria kelahiran 7 Mei 1999 ini, kemudian mencari referensi tentang Kota Padang Panjang dan merancang berbagai elemen serta simbol sehingga menjadi logo HJK yang diselesaikan dalam jangka waktu seminggu. Arif mengerjakannya di sela-sela kesibukan bekerja sebagai perancang grafis di salah satu produsen mukena di Jogja.


"Awalnya ada empat konsep yang saya buat. Konsep ke empat yang terakhir ini yang saya yakini mempresentasikan Kota Padang Panjang dalam logo itu. Alhamdulillah akhirnya dipilih menjadi pemenang sayembara," tutur Arif.


Jika diamati, dalam logo tersebut terdapat bentuk orang yang sedang menari. Kata Arif, bentuk tersebut memiliki filosofi hubungan masyarakat dengan pemerintah yang bergerak bersama membangun negeri demi kejayaan Padang Panjang.


Adapula bentuk atap Mesjid Asasi Sigando. "Maknanya kehidupan masyarakat Padang Panjang yang bernuansa Islami. Bentuk ini menginterpretasikan upaya pemerintah dan masyarakat mewujudkan Padang Panjang sebagai pusat pendidikan dan pendidikan Islam modern," ujarnya.


Sementara, kombinasi warna yang dipilih pada logo tersebut yaitu warna emas, hijau dan biru. "Warna emas melambangkan kejayaan, kesejahteraan dan martabat. Hijau melambangkan alamnya yang subur dan masyarakatnya yang religius. Biru melambangkan kebijaksanaan," lanjut Arif.


Arif berhasil meyakinkan juri atas karya logonya pada wawancara secara virtual 9 November lalu. Arif kemudian ditetapkan sebagai pemenang dari 10 finalis yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. 


"Selamat Hari Jadi Kota Padang Panjang ke-230, semoga menjadi kota yang sejahtera dan berjaya," ucap Arif. 


#GP | DF | HRS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS