DPRD Kampar Study Tiru Ke Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Padang Panjang - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

DPRD Kampar Study Tiru Ke Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Padang Panjang

Jumat, November 13, 2020


 
Padang Panjang(SUMBAR).GP- Panitia Khusus (Pansus) II DPRD Kabupaten Kampar, Provinsi Riau kunjungan studi tiru Peraturan Daerah (Perda) Penyelenggaraan Perpustakaan, ke Dinas Perpustakaan dan Arsi Kota Padang Panjang, Jum'at (13/11/2020).


Rombongan terdiri dari Ketua Pansus, Zumrotun, S. Sos, Wakil Ketua, II B Nursaleh, S. Kom beserta tujuh orang anggota pansus diterima langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Padang Panjang, Alvi Sena, ST.


Ketua Pansus II DPRD Kabupaten Kampar, Zumrotun, S.Sos menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan kerja ini adalah untuk mengetahui sejauh mana perkembangan dari Perda Penyelenggaraan Perpustakaan dan beberapa inovasi program kegiatan yang telah di lakukan oleh Dinas Pustaka dan Arsip Kota Padang Panjang.


"Kami adalah pansus tentang penyelenggaraan perpustakaan, sedang melaksanakan kunjungan kerja atau referensi ke Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Padang Panjang. Sebab kami tahu disini sudah ada perdanya, dan saat ini kami baru rancangan dan kami ingin melihat dan mereferensi dari perda yang sudah ada," ujarnya


Beliau mengatakan, dipilihnya Kota Padang Panjang sebagai tempat kunjungan kerja kali ini sudah melalui beberapa pertimbangan, sebelumnya pihaknya juga telah melakukan kunjungan kerja ke beberapa wilayah tapi di Kota Padang Panjang ini lah yang bagus sekali artinya komitmen Walikota bersama dengan kepala Dinas nya atau kepala OPD memang sangat jelas.


"Sehingga disini mendapatkan penghargaan Kota literasi satu-satunya kan untuk di Sumatera, itulah makanya kami hadir kemari dan perlu banyak belajar dari keberhasilan yang sudah didapat Kota Padang Panjang," katanya.


Ke depan, tentunya kami akan menyampaikan kepada Dinas terkait di Kabupaten Kampar, dalam hal ini Dinas Pustaka dan Arsip setidaknya bisa mengikuti jejak yang sudah dibuat oleh Kepala Dinas Kota Padang Panjang.


Sementara itu, Kepala Dinas Pustaka dan Arsip Kota Padang Panjang, Alvi Sena, ST mengatakan kunjungan pansus DPRD kabupaten Kampar dalam rangka persiapan pembuatan Perda Penyelenggaraan Perpustakaan di Kabupaten Kampar, kemudian studi banding tentang kondisi gedung perpustakaan karena mereka juga akan membangun gedung Perpustakaan.


Dalam kunjungan tersebut, Alvi Sena nenampilkan beberapa progres yang telah dilakukan Dinas Pustaka dan Arsip sejak tahun 2017 sampai tahun 2020. Salah satunya tentang gerakan perpustakaan yang diantaranya bagaimana cara kita memotivasi masyarakat untuk menumbuhkan taman baca, menggerakkan literasi agar masyarakat kita bisa menjadi masyarakat yang literan. 


"Jadi kita tampilkan gambar-gambar dalam pembinaan ke TBM masyarakat ke tempat-tempat keramaian, termasuk progres pertambahan anggaran dari 2017 sampai 2020," ungkapnya. 


Selanjutnya, DPRD kabupaten Kampar sangat mengapresiasi, dan menyebutkan kunjungan ke Padang Panjang sangat tepat. Mereka dapat mengambil pengetahuan untuk pengembangan perpustakaan di daerahnya.


#GP | DF | KI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS