Dinkes Edukasi Masyarakat Gunakan Obat Dengan Cerdas dan Aman - Go Parlement | Portal Berita

Breaking

Dinkes Edukasi Masyarakat Gunakan Obat Dengan Cerdas dan Aman

Selasa, November 24, 2020


Padang Panjang(SUMBAR).GP- Pemerintah Kota Padang Panjang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Edukasi masyarakat  menggunakan obat secara tepat dan aman sekaligus Launching dan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GEMA CERMAT), di Hotel Pangeran, Selasa (24/11/2020).


Gema Cermat merupakan program yang dicanangkan Kementerian Kesehatan RI berdasarkan SK Menkes No. HK.02. 02/7 Menkes/427/2015. 


Sosialisasi diadakan tanggal 24 s/d 27 November 2020, dihadiri peserta dari perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), dan Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK), perwakilan organisasi PKK kota, organisasi Bundo Kanduang, perwakilan apoteker/TTK apotek dan toko obat se- Kota Padang Panjang. 


Kegiatan dibuka secara resmi Kepala Dinkes Provinsi Sumatera Barat, diwakili Kabid SDK, dr. Lila Yanwar, MARS didampingi Kepala Dinkes Padang Panjang Drs. H. Nuryanuar, Apt, MM, M. Kes.


Dr, Lila Yanwar Menyampaikan, Melalui Gema Cermat diharapkan dapat terwujud kepedulian, kesadaran, pemahaman, dan keterampilan masyarakat dalam menggunakan obat secara tepat dan benar. 


Sementara, Nuryanuar menyebutkan, Dinkes memandang perlu dilakukan pemberdayaan dan edukasi masyarakat agar mampu menyaring informasi yang benar dalam penggunaan obat. Peran TTK terutama apoteker, perlu ditingkatkan dalam pelayanan informasi tentang obat, baik dalam upaya kuratif, maupun promotif dan preventif. 


"Semoga dengan kegiatan sosialisasi Gema Cermat ini, masyarakat akan lebih paham dan mengerti tentang penggunaan obat secara baik dan benar. Intinya masyarakat harus cerdas dalam menggunakan obat," sebutnya.


Kegiatan Sosialisasi berikutnya, akan diikuti perwakilan guru pengelola Unit Kesehatan Sekolah, kader Posyandu Lansia, dan kader Posyandu Penyakit Tidak Menular (PTM). 


#GP | DF | DG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HASIL PEMILU

Pages

SELAMAT DATANG DI SEMOGA ANDA PUAS